FBB
KEB

IHB

Berdamai dengan Introvert dan Ekstrovert

Bekerja di kantor dan memimpin sebuah tim artinya memang harus siap dengan berbagai karakter manusia. Teman yang introvert dan ekstrovert menjadi tantangan tersendiri.

introvert vs ekstrovert
sumber foto : halosehat

 

Dulu, awal-awal bekerja ada kebingungan tersendiri. Baru mengerti juga ternyata ada banyak orang dengan beragam sikap dan tentunya kinerja. Semua butuh adaptasi tinggi. Sempat sih, suatu hari harus menangis mengerjakan pekerjaan dari atasan, karena rasa tertekan dan merasa tidak mampu melakukannya, sementara deadline sudah sangat dekat.

Dan saya termasuk orang yang disiplin mengerjakan apa-apa. Makanya ketika pekerjaan tidak sempurna, rasanya kok stress banget.  Dinamika pekerjaan ternyata luar biasa. Itu belum termasuk menghadapi berbagai tipe teman kerja dengan berbagai karakter.

Kadangkala mereka menjadi teman yang menyenangkan karena juga menjadi teman main di luar kantor. Namun di sisi lain, mereka juga, adalah team di kantor , yang kadang mengalami beberapa persinggungan dalam pekerjaan. Akhirnya menimbulkan ketidak harmonisan.

Ternyata salah satu penyebabnya adalah mereka mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda dengan kita. Sehingga kebiasaan-kebiasaan dalam pekerjaan juga berbeda. Misalnya ada yang sangat lambat dalam bekerja.

Faktor lainnya adalah sifat mereka memang masing-masing  berbeda. Ada yang ekstrovert, ada pula yang terlahir sebagai introvert.

Bila disatukan dalam satu team misalnya, tentu saja kedua orang dengan sifat yang berbeda ini, sedikit banyak mengalami ketidak harmonisan. Namun, bila satu dan lainnya bisa menyadari kelebihan dan kekurangan masing-masing, kemudian bisa “berdamai” dengan yang berbeda sifatnya maka keharmonisan tersebut niscaya bisa diwujudkan.

Baiklah sebelumnya, kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu, bagaimana perbedaan introvert dan ekstrovert tersebut.

Introvert

Apa ciri introvert? Seorang introvert biasanya lebih menikmati waktu dan suasana dalam kesendirian. Mereka juga tertutup dengan pihak luar. Intinya mereka memang lebih menyukai suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan.

Introvert juga cenderung menjadi pendengar yang baik. Mereka juga sangat berhati-hati dalam berbicara.

Kekhasan lain dari seorang introvert adalah mereka cenderung membenci adanya perubahan-perubahan. Mereka juga susah beradaptasi dengan suasana baru dan cenderung merasa tidak nyaman dengan suasana baru yang ada di hdapan mereka.

Introvert juga mengutamakan me-time yang lebih banyak dari pada ekstrovert pada umunya. Mereka sangat nyaman dengan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Karena cenderung tertutup, introvert memiliki sedikit pertemanan namun teman yang sedikit ini bisa diandalkan. Introvert bisa terbuka kepada teman yang sedikit ini. Khususnya yang sudah lama mereka kenal dan dipercayai.

Intinya introvert memang cenderung pendiam dan tidak menyukai interaksi dengan orang lain. Namun bukan berarti mereka memiliki kinerja yang minus dalam pekerjaan. mereka dikenal mandiri dan diam-diam juga pekerja keras.

Ekstrovert

Berbeda dengan introvert, seorang ekstrovert cenderung mempunyai kepribadian yang senang berinteraksi dengan dunia luar. Mereka juga lebih terbuka terhadap orang lain.

Ciri ekstrovert lainnya yaitu cenderung berani mengemukakan pikiran atau opini secara terbuka. Mereka berkata apa adanya dan juga berani mengatakan ketidaksetujuan dalam sebuah diskusi tanpa basa-basi.

Ciri lain dari ekstrovert adalah soal adaptasi. Mereka cenderung gampang beradaptasi dengan suasana dan lingkungan yang baru. Kemudian juga mudah menerima perubahan. Intinya adaptasi bukan masalah yang rumit bagi mereka.

Bagi ekstrovert interaksi dengan orang lain adalah sebuah keharusan. Bahkan dengan cara itulah mereka membangun energi baru dalam hidupnya.

Karena suka bergaul tersebuat, ekstrovert juga aktif terlibat dalam banyak kegiatan sosial. Mereka memiliki teman yang banyak dan hampir bisa bergaul dengan siapa saja tanpa kesulitan yang berarti.

Dalam dunia kerjapun, mereka dikenal sebagai seseorang yang ramah, banyak bicara, mudah bergaul dengan sejawat,atasan bahkan bawahan. Mereka juga dekat dengan para klien perusahaan.     

Tetap Aktif dengan Dove

Nah, tentu saja mereka yang memiliki kepribadian introvert dan ekstrovert ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlebih dalam dunia kerja. Tetapi bila berhasil disatukan dengan melihat potensi masing-masing, tentu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Terlepas dari kepribadian mereka yang berbeda, baik introvert maupun ekstrovert sama-sama memerlukan sesuatu yang membuat mereka tetap percaya diri dan ceria. 

 

kegunaan Dove Original Deodorant Roll-On

 

Dove Original Deodorant Roll-On dengan wangi lembut khas Dove mampu menutrisi dan melembutkan ketiakmu mulai dalam 7 hari. Dove Original Deodorant Roll-On juga mengandung 1/4 moisturizing cream, yang melindungi ketiak hingga 48 jam dari keringat. Dengan vitamin E & F yang melembutkan, membuat ketiak menjadi halus, bahkan setelah rutin mencukur.

Bagaimana, kalian tipe introvert atau ekstrovert? Apa juga yang kalian lakukan agar tetap percaya diri? Ceritakan di kolom komentar ya.

Tetap semangat semuanya..

 

 

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin