FBB
KEB

IHB

Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Smart CCTV dan CCTV Biasa

 

Smart CCTV adalah salah satu jenis Closed-Circuit Television atau CCTV yang berperan sebagai kamera untuk mengawasi area tertentu. 

 

 

smart cctv
foto :  https://hikvision-indonesia.com/product/cctv-hikvision-smart-ip-ds-2cd4525fwd/

Apapun jenis CCTV yang Anda miliki, keberadaannya penting untuk memelihara keamanan dan kenyamanan. 

Sehingga, hal – hal yang tidak diinginkan bisa dicegah, walaupun terjadi pada rekaman video yang membuktikan pihak yang paling bertanggung jawab.

Perbedaan Smart CCTV dan CCTV Analog

CCTV yang smart, mendengar namanya saja kamu pasti bisa menebak jika jenis CCTV ini merupakan piranti yang pintar dengan berbagai kelebihan. Jenis CCTV ini dikenal juga dengan istilah IP CCTV ( karena memakai alamat IP untuk bisa diakses) Sedangkan CCTV biasa memakai teknologi analog adalah bentuk CCTV paling awal dengan bentuk sederhana namun tetap handal sebagai kamera pengawasan.

1. Konektivitas

Anda kalau pasang smart CCTV maka akan terhubung dengan jaringan karena memakai kabel data dan memanfaatkan internet. Salah satu fleksibilitas dari jenis CCTV ini adalah data diakses online yang bisa dipantau memakai perangkat elektronik apapun seperti PC atau ponsel sekalipun.

Anda akan terhubung dengan jaringan analog dari kamera ke monitor pengawas CCTV, kalau memakai jenis CCTV analog. Karena beberapa merk CCTV sudah mendukung pemantauan real time melalui aplikasi smartphone.

2. Penyimpanan Data

Sebagai CCTV yang pintar, hasil rekaman video disimpan dalam bentuk digital yang bisa terkoneksi dengan perangkat seperti PC, laptop atau ponsel sekalipun. Penyimpanan data jadi bisa lebih lama. Rekomendasi smart CCTV adalah yang bisa menyimpan data dalam jumlah besar.

Sedangkan CCTV analog akan memasang kamera dan semua terhubung dengan kamera yang terhubung depan bagian pengawasan. Video disimpan dalam bentuk kaset yang dalam periode waktu tertentu akan menggunakan ulang kaset lama. Jadi, apapun yang tersimpan tidak akan terlalu lama.

3. Kualitas Gambar

Smart CCTV mampu menghasilkan gambar lebih jelas dibandingkan CCTV konvensional yang analog. Hal ini dipengaruhi proses pengambilan gambar memakai kecepatan internet yang real – time.

Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan dari CCTV pintar dengan lensa kamera yang bisa zoom dan berbagai gerakan lainnya bisa menghasilkan gambar yang lebih luas dan juga terperinci. CCTV biasa hanya akan memperlihatkan satu sudut dan gambar yang hitam putih yang standar.

4. Proses Instalasi

Anda akan memasang perangkat keras dan kabel yang panjang bila memilih CCTV biasa. Pemasangannya perlu mengkonfigurasi DVR dengan tiap kamera yang terhubung, dengan monitornya. Jadi posisi kamera tidak bisa sembarangan karena harus memikirkan pemasangan kabel dan juga estetika ruangan.

Berbeda dengan IP CCTV, Anda bisa memasang kamera dimana saja, tanpa memikirkan kabel yang menghubungkan kamera dengan monitor. Anda tinggal menyetel switch yang ada dan rekaman video ditransfer langsung ke Network Video Recorder. Dengan begitu, pemasangan IP CCTV adalah opsi yang lebih simpel dan ringkas.

5. Pemasangan

CCTV pintar atau IP CCTV atau WIFI CCTV bisa Anda pasang sendiri dan menghubungkannya dengan perangkat yang dipilih. Caranya mudah dan lebih praktis. Sedangkan CCTV biasa akan membutuhkan tenaga ahli untuk memasang kabel dan monitor yang memerlukan pengetahuan tertentu.

6. Tempat Pemasangan

Perbedaan signifikan dari kedua jenis CCTV ini adalah tempat yang memungkinkan untuk memasangnya. CCTV biasa akan cocok untuk penempatan indoor maupun outdoor. Ada kabel yang bisa dipasangkan dan cukup aman untuk pemakaian luar ruangan.

Rekomendasi smart CCTV cocok untuk ditempatkan outdoor. Fiturnya dilengkapi infrared bila kondisi area sekitarnya minim pencahayaan. Selain itu, smart CCTV juga ada yang dilengkapi dengan alarm dan speaker untuk memberikan pengamanan ekstra untuk area sekitar bangunan agar sama amannya dengan ruangan di dalam.  

7. Material

Walaupun ada banyak pilihan produk CCTV untuk yang biasa dan yang IP, umumnya CCTV biasa lebih tahan cuaca dengan bahan metal. Bandingkan dengan IP CCTV yang terbuat dari plastik yang ringan dan jauh lebih terjangkau.

Hal ini terkait dengan CCTV biasa yang juga bisa ditaruh outdoor dan perlu dibuat lebih durable dari CCTV untuk pemakaian dalam ruangan. Sehingga, CCTV bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Itulah Smart CCTV dan perbandingannya dengan CCTV biasa yang analog. Keduanya memiliki plus dan minus yang bisa dimaklumi sehingga saat memasang dan membeli paket CCTV terbaiknya, akan puas dengan hasil rekaman video yang dihasilkan. Anda tinggal memerlukan rekomendasi smart CCTV yang paling tepat.

Rekomendasi Smart CCTV Hikvision AcuSense, Ini Berbagai Keunggulannya

Hikvision hadir dengan berbagai produk CCTV yang terbaik dan paket lengkap untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menikmati keamanan menyeluruh dengan memakai Smart CCTV Hikvision lengkap dengan teknologi AcuSense yang terbaik. Berikut adalah berbagai keunggulan dari sistem tersebut. 

 

smart cctv hikvision
foto : https://www.hikvision.com/id/newsroom/latest-news/2019/hikvision-launches-acusense-network-cameras-with-strobe-light-and-alarm-to-instantly-deter-intruders/

 

1. 1. Hikvision AcuSense. Teknologi yang mampu menghasilkan gambar lebih tajam dan detail yang mempelajari gerakan manusia dan lainnya.

2.  2. Dilengkapi dengan alarm dipicu oleh manusia, dan kendaraan. Fitur VCA atau deteksi    Gerakan akan bisa membantu pemantauan area yang dipasang CCTV.

3. 3. Peringatan Visual dan Auditori. CCTV sebagai media pencegahan dilengkapi dengan peringatan auditori visual yang bisa didengar dan dilihat yang lengkap dan sangat membantu pengguna CCTV.

4.   4.Target berdasarkan Jenis. CCTV pintar bisa membedakan antara deteksi gerakan manusia, hewan dan kendaraan.

Hikvision mengeluarkan beberapa produk CCTV dan salah satu unggulannya adalah smart CCTV yang terkoneksi tanpa kabel dan format digital yang tersimpan dengan kualitas gambar yang mengesankan. Itulah beberapa alasan mendasar mengapa Smart Home Anda memerlukan CCTV yang Smart juga. Hikvision adalah pilihan yang pintar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

3.   

P


5 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. CCTV sekarang penting ya mbak. bahkan di perumahan saja sudah pakai CCTV. Tujuannya demi keamanan warga apabila terjadi hal tak diinginkan.

    BalasHapus
  2. Mbak ni aku beneran penasaran, ini CCTV kalo misal mati listrik semua mati ya gak berfungsi? Kalo yg smart ini juga kan pake internet ya, berarti si smart CCTV ini rumahnya harus pake wifi gitu ya mbak? Beneran kepo

    BalasHapus
  3. Wah baru tau nih mba perbedaannya, jadi kalau mau pasang cctv udah punya referensi nih. Kayaknya orang-orang banyak yang menggunakan smart cctv ya sekarang, ditambah teknologinya sudah lebih canggih dan banyak kelebihan fiturnya.

    BalasHapus
  4. cctv sekarang memang termasuk penting ya buat dipasang di rumah, kak. biar kita bisa memantau kondisi rumah saat sedang berada di luar rumah

    BalasHapus
  5. Ini pas banget nih mama aku lagi cari buat dipasang di terasa karena abis memalingkan eiy. Huhu :( jadi curcol hehe

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin