FBB
KEB

IHB

Tips Memilih IP Camera CCTV yang Berkualitas

Dari beberapa tahun yang lalu, permintaan IP Camera CCTV atau smartcam semakin lama memang semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan pasar yang semakin tinggi. Meskipun beberapa tahun lalu harga yang dimiliki kamera jenis ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan CCTV biasa, tetap saja masih menjadi buruan.

 
tips memilih cctv berkualitas

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pola-tekstur-garis-kamera-5581836/



Kini memang pengguna CCTV sudah sangat luas.Penggunanya juga berbagai kalangan, baik perusahaan maupun masyarakat umum. Tentu saja salah faktor keamanan menjadi pertimbangan utama bagi mereka.

Namun, perusahaan-perusahaan besar hingga hotel berbintang memang lebih memilih menggunakan smartcam sebagai sistem keamanan mereka. Hal ini dinilai karena smartcam lebih efisien serta gambar yang berkualitas tinggi.

Bukan hanya itu, ketika menggunakan smartcam, kita bisa memantau dari mana saja dan kapan saja, bahkan dari smartphone yang dimiliki, karena perangkat ini diakses melalui internet.


Tips Memilih IP Camera CCTV

tips memilih ip camera cctv

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/hitam-dan-putih-kamera-keamanan-dinding-bata-7463021/


tentu ketika memutuskan menggunakan CCTV, kita tak mau salah dalam memilh kan? Meskipun sudah yakin menggunakan smartcam untuk kebutuhan keamanan di rumah maupun di tempat usaha, dengan semakin banyaknya IP Camera saat ini, tentu akan membuatmu bingung melakukan pemilihan bukan?

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar dapat memilih smartcam terbaik, antara lain:

  1. Pilih berdasarkan sistem instalasi

Bila dilihat dari cara pemasangan terdapat 2 jenis IP Camera CCTV yakni smartcam yang menempel di dinding serta smartcam yang ditempatkan dengan posisi duduk.

 

Ketika smartcam dipasang di dinding, jangkauan yang dimilikinya akan lebih luas. Smartcam ini juga cocok diletakkan di bagian luar, tepatnya di sudut ruangan, sehingga dapat memantau dengan jangkauan luas.

 

Sedangkan, untuk versi duduk, versi ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga praktis ketika ingin memindahkannya. Bukan hanya itu, jenis smartcam duduk biasanya mempunyai fitur two way audio, sehingga ketika menggunakan fitur tersebut, kamu bisa memberi perintah suara.

 

  1. Kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki

Rekaman dari IP Camera CCTV bisa dilihat dari berbagai macam perangkat, contohnya saja seperti tablet, smartphone sampai komputer. Ketika akan melakukan pembelian, kamu bisa memastikan apakah smartcam yang akan kamu beli ini compatible dengan perangkat yang kamu miliki.

 

  1. Luas bidang pandang yang bisa dijangkau

Sebelum melakukan pembelian, kamu bisa memeriksa luas bidang pandang yang bisa dijangkau. Luas bidang pandang ini menjadi sebuah poin penting dan harus diperhatikan dengan baik.

 

Contohnya saja untuk sudut pandang 110 derajat memiliki jarak panjang ideal 8 meter, sedangkan 100 derajat memiliki jarak pandang ideal 10 meter. Kamu juga bisa memeriksa apakah smartcam tersebut memiliki fitur seperti zoom dengan gambar yang tetap terlihat maksimal.

 

  1. Jenis sistem penyimpanan yang digunakan

Jenis sistem penyimpanan menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatianmu. Terdapat 2 jenis sistem penyimpanan yang ditawarkan yakni local storage dan cloud storage. Tentu saja dari kedua jenis ini, cloud storage menjadi sistem penyimpanan yang direkomendasikan.

 

Dengan penyimpanan berbasis cloud, kamu bisa mengakses data yang tersimpan asalkan ponsel terhubung dengan jaringan internet. Kamu bisa melihat rekaman video di mana saja. Namun, kamu juga harus memeriksa keamanan sistem penyimpanan yang mereka miliki untuk mengantisipasi terjadinya hacking.

 

  1. Berbagai macam fitur yang dimiliki

Ketika memilih IP Camera CCTV, fitur menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Contohnya saja kamera yang akan kamu pilih harus memiliki fitur motion detection atau sensor yang dapat mendeteksi gerakan tidak wajar.

 

Fitur yang lainnya seperti night vision. Dengan adanya fitur ini, area yang diawasi akan terlihat dengan jelas walaupun dengan kondisi yang minim cahaya. Bahkan ketika berada dalam kondisi yang minim cahaya, video yang terlihat harus bisa di zoom tanpa mengurangi kualitas gambar.

Rekomendasi IP Camera CCTV Terbaik

Meskipun sudah mengantongi tips agar bisa memilih IP Camera CCTV yang terbaik, memilih salah satu dari begitu banyaknya merek CCTV menjadi hal yang tidak mudah. Salah satu merek yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah Hikvision ColorVu.

Sebagai sebuah IP Camera CCTV terbaik, tentu saja ada berbagai keunggulan yang dimiliki Hikvision ColorVu ini. Berikut berbagai keunggulan yang dimilikinya, antara lain:

  1. Mampu memberikan informasi warna yang sesungguhnya

Hikvision ColorVu mampu melakukan perenderan warna yang akurat, bahkan ketika berada dalam keadaan pencahayaan rendah seperti malam tanpa bulan hingga 0,0005 lux, hasil gambar bisa tetap terlihat jelas.

 

Dengan adanya kemampuan ini, kamu bisa menganalisis gambar hasil rekaman IP Camera CCTV dengan maksimal tanpa memikirkan masalah ketersediaan cahaya. 

 

  1. Detail jauh lebih banyak

Sebagai sebuah IP Camera CCTV terbaik, Hikvision ColorVu bisa merekam informasi warna serta detail yang jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pencitraan warna kamera analog hitam putih.

 

  1. Memberikan pengalaman visual yang lebih baik

Hikvision ColorVu mampu membuat kecerahan menjadi seimbang, lebih-lebih ditambah dengan aperture super F1.0. F1.0 super aperture dapat menangkap cahaya dengan sebanyak mungkin sehingga perenderan semakin realistis.

Dengan adanya F1.0 Super Aperture ini, kamera bisa memperbesar serta memperkecil kecerahan gambar tanpa mengurangi kualitas hasil tangkapan.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Hikvision ColorVu, sayang rasanya bukan jika tidak memilihnya sebagai IP Camera CCTV andalan di rumah. Ganti CCTV analog yang kamu miliki dengan Hikvision ColorVu sekarang juga. 

Semoga bermanfaat.

 

 

 


Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin