FBB
KEB

IHB

Gaya Hidup Minimalis, Pilih Mana?

Di tengah gempuran dunia modern yang menawarkan banyak sekali kemewahan dan kemudahan, ternyata banyak juga orang-orang yang merasa hal tersebut sangat membebani mental. Oleh karena mulailah muncul istilah gaya hidup minimalis sebagai tren.

gaya hidup minimalis

Sudah lama ingin menulis tentang gaya hidup minimalis ini.Walaupun saya merasa juga belum maksimal menjalankannya. Atau bahkan belum bisa dikategorikan bergaya hidup minimalis.

Ada pendapat yang mengatakan, bila bergaya hidup manismalis malah jatuhnya jadi mahal. Ya gimana nggak mahal, rumah minimalis dijual pengembang jauh lebih mahal dari rumah komplek bisa kan?

Belum lagi perabotan yang kategori minimalis, pernah liat kan? memang lebih mungil dari kebanyakan perabot. Misal lemari pakaian yang lebih kecil. Namun dengan ada embel-embel minimalis, harganya jauh lebih mahal. Katanya sih karena desainnya lebih keren.

Sebenarnya pandangan minimalis yang cenderung mahal ini sangat bertentangan dengan kata dasarnya yaitu minimal. Artinya harusnya jauh lebih hemat bahkan bisa jadi sederhana.  

Pengertian Gaya Hidup Minimalis

Minimalis ini biasanya diterapkan dalam seni atau arsitektur, lalu menyebar menjadi tren gaya hidup yang dilakukan oleh para anak muda hingga selebriti.

Minimalism lifestyle  ini fokusnya adalah melakukan hal-hal yang membuat seseorang bahagia, mencapai tujuan, dan tidak memikirkan hal yang tidak perlu. Sehingga dapat membuat hidup seseorang lebih santai dan fokus mencapai mimpi.

Lalu, bagaimana penerapannya dalam keseharian?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup ini, seperti

  1. Memilah Barang

Yang pertama, Anda bisa mulai memilah dan memilih barang sesuai dengan fungsinya. Apabila terdapat barang-barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menyisihkannya dan menempatkannya di gudang. Bisa juga dengan memberikannya kepada lebih membutuhkan atau bisa dibuang. Dengan begitu, isi rumah Anda akan menjadi lebih lega tanpa barang-barang yang tidak dibutuhkan.

  1. Mulai Merapikan Rumah Secara Rutin

Lalu, usahakan juga untuk mulai merapikan rumah secara rutin sehingga Anda akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus ketika melakukan kegiatan yang diinginkan. Contohnya saja bekerja dari rumah, membuat tugas, dan lain-lain.

  1. Belanjalah Sesuai dengan Kebutuhan

Selain itu, Anda juga bisa mulai dengan berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Usahakan sebelum berbelanja untuk membuat catatan dan membawa uang pas. Sehingga ketika Anda ingin membeli barang yang tidak perlu, Anda tentu akan berpikir ulang.

Lalu, apa sih manfaat gaya hidup minimalis ini?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari gaya hidup ini, seperti

  1. Lebih sehat secara finansial
  2. Mengurangi rasa stress
  3. Anda bisa lebih hemat secara waktu dan energi
  4. Bisa berbagi lebih untuk sesama
  5. Anda bisa lebih fokus untuk menyiapkan hal-hal yang lebih penting

Menarik, bukan? Bagi Anda yang ingin mulai menerapkan gaya hidup minimalis bisa mencoba dengan 3 cara di atas dan semoga bermanfaat ya. 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin