Youtube
wb_sunny

Breaking News

Trend PLTS di Masyarakat, Apa Saja Manfaatnya?

Trend PLTS di Masyarakat, Apa Saja Manfaatnya?

PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya ini mulai menjadi trend di tengah masyarakat karena naiknya biaya listrik dari PLN. Karena naiknya trend panel surya ini, banyak orang yang mulai mencari info bagaimana cara penggunaan dan harganya. Selain itu, PLTS ini sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk melestarikan bumi.

trend PLTS
foto : pexels

Manfaat Penggunaan Panel Surya

Mungkin sebagian orang awam belum paham apa itu PLTS menjadi trend dan dikatakan murah. Hal ini karena PLTS memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan listrik, selain itu juga tidak membutuhkan proses produksi yang lama seperti halnya pembangkit listrik tenaga lainnya.

Namun, untuk saat ini, harga alatnya masih cenderung mahal sehingga hanya orang-orang kelas menengah yang benar-benar ingin berinvestasi saja yang sudah menggunakannya.

Lalu, apa saja manfaat panel surya ini?

  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan PLTS ini terhitung ramah lingkungan karena Anda tidak perlu menggunakan proses pembakaran atau mengeluarkan radiasi yang tidak diinginkan. Cukup dengan menjemur panel untuk menangkap sinar matahari dan beberapa peralatan tambahan, maka Anda sudah bisa langsung menggunakannya. Sehingga Anda ikut serta dalam proses pelestarian bumi.

  1. Tagihan Listrik yang Lebih Murah

Anda bisa mendapatkan tagihan listrik yang lebih murah hingga 50%. Saat ini di Indonesia sudah ada PLTS yang ada di Likupang, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Menurut pengakuan Eko Adhi Setiawan selaku Kaprodi S2 Sistem Teknik Energi Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Anda bisa hemat sebanyak 50% selama musim panas dan 20–30% di musim penghujan ketika menggunakan listrik tenaga surya ini.

  1. Bisa Dijadikan Sumber Energi Darurat

Bagi Anda yang memasang panel surya rumah, energinya bisa digunakan dalam keadaan darurat. Contohnya saja ketika terjadi bencana alam dan terjadi pemadaman listrik, maka Anda bisa menggunakan sumber energi simpanan dari panel yang terpasang di atap rumah untuk digunakan sebagai pembangkit kecil. Sehingga Anda bisa menghubungi orang-orang yang dibutuhkan dalam keadaan darurat tersebut. 

Apabila Anda ingin memasang panel surya pribadi di rumah, Anda bisa mulai mencari informasi pemasangannya di internet. Ada banyak sekali jenis panel dan harganya. Mulai dari yang murah dan cepat rusak atau yang cukup mahal tetapi cukup awet digunakan. Semoga bisa membantu Anda dalam menghemat energi listrik di rumah ya. 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih