FBB
KEB

IHB

Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

lima perkara sebelum lima perkara

5 perkara sebelum 5 Perkara  --- mungkin kita, yang muslim sudah pernah mendengar istilah ini. Namun baru beberapa hari terakhir aku memikirkannya secara mendalam.


Pengalaman merawat mama-ku yang terkena osteoporosis, menghadirkan banyak hikmah,khususnya buatku pribadi. Salah satunya bagaimana mengelola emosi, mengelola kelelahan sampai mengelola banyak hal. Aku juga jauh lebih "teratur" hidup, karena memang susah mencari waktu luang, termasuk buat menulis. Tapi tenang, ternyata job-job tidak terbengkalai hehe.

Namun satu hal yang terpikirkan, ternyata hadist nabi tentang " lima perkara sebelum lima perkara" memang harus benar-benar dilaksanakan. supaya memang kita dapat menggunakan waktu dan kesempatan dengan baik, sebelum ada masanya hilang kesempatan-kesempatan emas dalam hidup. 

#Waktu muda sebelum datang waktu tua

Waktu muda emang masa emas seseorang buat melakukan banyak hal yang baik. Muda berarti masih punya banyak energi untuk beribadah,bekerja,berbuat kebaikan, berbuat banyak hal baik. Gunakan waktu muda dengan sebaik-baiknya. Sayangnya, kadang pas muda kita inginnya foya-foya saja, dan pengennya nanti-nanti saja berbuat kebaikan,misalnya.Padahal masa muda ternyata nggak lama, umur terus berlanjut kan? dan ketika sudah tua, baru tersadari , belum banyak hal yang dilakukan ketika muda dulu.

#Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu

Sehat ternyata mahal. Pengalaman merawat mamaku yang banyak tidak berdayanya juga mengingatkan aku bahwa waktu sehat harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sebelum datang masa sakit.

yah namanya manusia pasti ada masa sehat dan masa sakitnya. Hnaya Firaun yang katanya tak pernah sakit . Selama kita sehat, gunakan kesempatan buat beribadah, bekerja dengan baik dan melakukan banyak kebaikan.

# Masa kayamu sebelum masa miskinmu

Kata orang hidup ibarat sebuah roda berputar. Ada saat mampu dan kaya, namun kadang ada juga saat miskin atau dalam kesempitan rejeki. Manfaatkan waktu mampu secara materi atau kaya untuk banyak menolong orang yang dalam kesusahan sebelum masa, kita tak sangup lagi membantu orang lain karena kesempitan rejeki yang mungkin kita alami. Gunakan sebaik-baiknya kesempatan ini.

# Masa luangmu sebelum masa sibukmu

Jangan sia-siakan masa luang. Banyak kita yang lupa dan menggunakan waktu luang untuk bersantai-santai dengan alasan me-time atau apalah.

Nah, akan datang masa sibuk kelak yang kita hampir nggak bisa ngapa2in. Gunakan waktu luang dengan sebaik-bainya.

# Hidupmu sebelum datang matimu   

Tentu kita tahu, kematian pasti akan datang namun kita tak tahu kapan itu terjadinya. Gunakan sisa usia dan hidup dengan sebaik-baiknya. Tentu saja sebelum datang waktu kematian yang bahkan tak pernah kita perkirakan.

Yuks banyak berbuat kebaikan demi kebaikan. mari kita gunakan lima perkara, sebelum lima perkara.

Semoga bermanfaat




Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin