FBB
KEB

IHB

Tips Sederhana Melepas Anak Merantau

melepas anak merantau
sumber foto : mamikos



 Anak merantau --- Anak ada saatnya anak-anak akan merantau, entah karena kuliah, kerja, menikah atau berbagai alasan lainnya. Orang tua perlu menyiapkan hati, yang utamanya.

Tahun ini dua anak kami InshaAllah akan merantau. Jauh dari orang tua. Anak pertama kami akan melanjutkan kuliah.Masih belum jelas dimana kampus yang akan menerimanya kelak. Bisa di dalam negeri, bisa juga di luar negeri. Semuanya masih dalam proses. yang terbaik kelak, InshaAllah.

Sedangkan anak kedua kami,InshaAllah melanjutken ke pondok pesantren Dalwa . Akanberangkat inshaAllah pertengahan Juli nanti

Keduanya akan melanjutkan perjuangan masing-masing. menempuh pendidikan lanjutannya. dan tentu akan berpisah dengan kami , orang tuanya.

Keduanya juga minimal menempuh pendidikan 4 tahun bahkan bisa jadi lebih, baik yang menempuh pendidikan S1 maupun yang akan menempuh pendidikan pondok pesantren. Alhamdulillah. tentu doa kami selalu semoga dilancarkan semuanya.

Tentu sebagai orang tua, tetap ada perasaan khawatir, ketakutan, waswas dan banyak lagi. Ibaratnya kalau kata anak sekarang, kita sebagai orang tua mengalami over thinking, membayangkan sesuatu yang belum tentu terjadi hehehe.

Tapi begitulah orang tua. Tentu saja ada perasaan kekhawatiran terhadap anak-anaknya.Mulai dari memikirkan anak-anak susah makannya, pergaulannya ,bagaimana kalau sakit dan lainnya .

Namun demikian, saya pikir ada beberapa keunggulan anak-anak yang merantau.Karena saya sendiri pernah mengalaminya dan hingga saat ini sangat merasakan berabagai manfaat.

Buat orang tua yang anaknya akan merantau ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan. Tentu tips ini bisa jadi sangat personal tetapi siapa tau bermanfaat .

# Pikirkan berbagai kelebihan merantau

Sebagai mantan anak rantau bertahun-tahun, mulai kuliah, kerja hingga menikah, saya tentu tahu persis kelebihan ketika merantau.Terutama ketika dalam masa pendidikan. Salah satunya solanya kemandirian. Berpikir mandiri dalam berpikir maupun bertindak, karena kadang-kadang ada keputusan yang harus diambil dengan cepat tanpa harus meminta pendapat ke orang tua dahulu.

#Merantau merupakan bagian dari dukungan ke anak

Tentu segala hal baik yang ingin dilakukan anak harus di support oleh orang tua. Bila anak berkeinginan menempuh pendidikan dan harus merantau, orang tua harus support baik secara mental maupun materi. tentu menyesuaikan kemampuan orang tua masing-masing.

#Memberi kepercayaan kepada anak

Merantau berarti memberi kepercayaan kepada anak. Anak akan merasa lebih dipercaya dan inshaAllah mampu melakukan yang terbaik.

#Serahkan kepada-Nya

Ini tentu hal paling utama. Anak adalah titipannya. Anak-anak diberikan amanah kepada  kita, namun sebenarnya bukanlah milik orang tuanya. Titipkan anak kepada Allah, karena mereka sejatinya memang milik Allah.

#Jangan melupakan doa

Jangan pernah melupakan doa agar anak-anak selalu terlindungi di perantauan, dijaga pergaulannya, diberikan berbagai solusi dari semua permasalahnya, dan hal-hal baik lainnya. Selalu doakan anak-anak dan buat orang tua itu juga bagian dari menjaga ketenangan diri.

#Jaga Komunikasi selalu

Ini tentu juga hal harus dilakukan. Dimanapun anak-anak berada selalu jaga komunikasi dengan anak. Apalagi sekarang komunikasi sudah sangat gampang. Berbeda sekali dengan zaman awal saya kuliah dulu, mengandalkan wartel untuk menghubungi orang tua hehe.

Demikian tips sederhana bagi yang ingin melepas anak merantau. Semoga bermanfaat.


  

 

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih