FBB
KEB

IHB

Perhatikan 3 Hal Ini Bila Ingin Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

service ac mobil
Service AC mobil secara berkala sangat penting (sumber foto : setir kanan)

Secara umum, service ac mobil akan  menjamin kenyamanan dalam berkendara.

 

Bulan depan kami merencanakan untuk pulang kampung.Tepatnya ke kampung suami di Bandar Lampung. Kebetulan suami bisa ambil cuti setelah pemilu.Seperti biasa,kami berencana menggunakan mobil pribadi saja untuk pulang kampung. Selain lebih praktis juga nyaman buat anak-anak. Satu hal yang harus dilakukan segera adalah service ac mobil .

Tentu agar nyaman. Anak-anak memang sangat excited kalau pulang kampung terutama ketika menyebrang laut antara pelabuhan merak ke bakauheni. Pemandangan laut lepas memang menjadi momen yang selalu ditunggu,khususnya buat anak-anak kami

Pulang kampung biasanya totalnya,kalau tidak macet,ditempuh kurang lebih 8 jam dari kota tempat tinggal kami.Tentu butuh energi yang luar biasa juga dan kami pun harus menyiapkan segala sesuatunya.

Tentu mulai urusan tekhnis permobilan hingga perbekalan selama di perjalanan. Apalagi kami masih ada anak yang masih kecil yang butuh perhatian khusus dalam setiap perjalanan panjang.

Salah satu yang kami lakukan sebelum pulang kampung adalag rutin melakukan service atau pengecekan mobil. Apalagi bila diprediksi perjalanan akan macet, misalnya di momen long weekend atau di momen menjelang lebaran.Tentu butuh kesiapan yang lebih maksimal.

Ini tentu saja merupakan hal penting agak perjalanan lancar dan tidak menyulitkan buat kami sekeluarga

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kendaraan pribadi yang ingin melakukan perjalanan jauh

* Periksa dan ganti oli kendaraan

Ini merupakan hal wajib apalagi untuk perjalanan jauh. Jangan sampai di skip. Walau secara teori, katanya, mesin mobil tetap akan mempu berjalan tanpa oli sekalipun namun tentu kita semua harus paham bila terus-menerus dipakai tanpa diganti oli yang sesuai, kondisi mesin mobil perlahan tapi pasti akan rusak.

Penyebabnya ya, akibat mesin mobil yang terus-menerus bergesekan tanpa adanya pelumasan dari oli. Jadi, jangan sampai di skip untuk melakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Pergantian oli yang teratur memang sangat dianjurkan untuk mesin mobil. Namun khusus untuk perjalanan jauh, tentu harus lebih utama lagi.

* Perhatikan kondisi ban mobil

Suatu saat kami pernah mengalami perjalanan jauh, via tol. Untungnya tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah sampai ke rumah baru diketahui kalau mobil yang kami pakai bannya robek. Kebetulan saat itu yang digunakan adalah mobil adik ipar.

Ban mobil tentu saja sangat penting untuk dilakukan pengecekan terutama ketika ingin melakukan perjalanan yang relatif jauh.

Selain menahan bebankendaraan, ban juga berpengaruh terhadap handling dan kenyamanan dalam berkendara. Pengemudi tentu saja harus banget memperhatikan soal tekanan angin ban. Karena memang tekanan udara pada ban sebaiknya diperiksa setiap dua minggu sekali untuk perjalanan dalam kota. Namun jika mobil digunakan dalan jarak jauh atau mengangkut muatan, sebaiknya pemeriksaan tekanan udara dilakukan sebelum berangkat atau memulai perjalanan. (sumber : kompas.com).

Selain itu, kondisi fisik ban juga harus mendapat perhatian lebih. Disarankan tak lebih dari 4 tahun karena memang ban terbuat dari bahan karet yang memiliki batas waktu penggunaan.

* Service ac mobil

Service AC (Air Conditioner) mobil merupakan hal penting,apalagi untuk perjalanan jauh dan membawa anak-anak. AC yang berfungsi dengan baik menjadi kunci kenyamanan perjalanan. Kemudian AC yang bersih dan terawat juga baik buat kesehatan.

Dengan suhu yang stabil, AC tentu lebih nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.Kemudian, harap diingat, AC membantu mengurangi paparan polutan udara dan debu di dalam mobil juga kok. Juga melindungi semua penumpang dari paparan debu dan asap di luar mibil bila mobil tertutup rapat.

AC yang baik dalam mobil juga akan menambah konsentrasi pengemudi,bukan? Makanya jangan sampai lupakan soal service AC mobil kalian.

Biasanya service ac mobil skala kecil bisa dilakukan 6 bulan sekali saja atau tiap 10.000 km saja. Yang dibersihkan umumnya filter AC,mengganti oli kompresor, dan melakukan pengecekan pada sistem AC. Sedangkan untuk service besar, bisa dilakukan setiap  2 tahun atau setiap 40.000 km.

Biasanya skala besar mencakup seperti yang dilakukan pada service kecil tadi, membersihkan evaporator dan kondensor, pengecekan kondisi selang AC dan melakukan pengisian ulang refrigerant kembali.

Tentu,untuk perjalanan jauh, perlu dilakukan lagi pengecekan ulang kondisi AC. Dan bila memungkinkan melakukan service AC mobil lagi sehingga fungsi AC berjalan maksimal.

Nah, demikian lah beberapa hal yang harus dilakukan pada mobil bila ingin melakukan perjalanan yang jauh. Ada tambahan lagi kah? Silakan di komen ya.

Semoga bermanfaat.

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Wah mau mudik ke Lampung toh mbk...bener sih perjalanan yg jauh memang butuh servis berkala,dan rajin cek"juga supaya aman dan nyaman selama di perjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak, perlu cek berkala banget biar gak terjadi hal-hal diluar prediksi..hehe,sehat2 selalu

      Hapus