FBB
KEB

IHB

INGIN HIDUP MAKMUR, INI CARA JENIUS MENGELOLA KEUANGAN


Ayo jenius mengelola keuangan pribadi (dok : pribadi)


Mengelola keuangan pribadi buat kamu yang sudah bekeluarga bukan hal mudah. Salah kelola, keutuhan rumah tangga bisa terancam loh.


Assalamualaikum,
Hallo. Semoga selalu sehat semuanya. Kali ini saya ingin berbagi soal mengelola keuangan pribadi, khususnya bagi yang sudah berumah tangga. Well, belajar dari kehidupan orang- orang yang berhasil dalam hidupnya, mengelola keuangan pribadi merupakan salah satu pilar kesuksesan ehidupan.
Bagaimana dengan kamu?

Saya sendiri awalnya ketika masih single, terus terang masih asal dalam mengelola keuangan. Apalagi saya memiliki gaji sendiri, yang bisa dikatakan bisa digunakan semau saya hehe.

Ketika masih single, pikiran pengaturan keuangan pribadi sederhana saja. Artinya uang yang idapatkan hanya diatur untuk beberapa pos saja. Misalnya bayar kost, untuk kebutuhan sehari-hari plus sedikit untuk kesenangan-kesenangan seperti jalan-jalan, membeli buku yang disukai atau sekedar kulineran dan menonton bioskop. Pokoknya, yang penting bisa menikmati hidup.

Bagaimana dengan menabung? Ada sedikit. Kenapa saya katakan sedikit? Karena saat itu, belum jelas apa yang ingin dicapai. Sehingga menabung tidak menjadi kewajiban tetapi hanya kesukarelaan belaka. Mindset sisa uang yang ditabung juga tertanam jelas. Artinya, menabung bukan di awal tetapi di sisa-sisa keuangan bulanan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah karena tidak adanya target keuangan yang jelas. Misalnya apakah tabungan digunakan untuk biaya kuliah lagi, biaya pernikahan atau sekedar membeli mobil untuk operasional bekerja? Nah, ini merupakan salah satu hal penting untuk memaksa kita menabung.

Setelah Menikah
Alhamdulillah setelah menikah, mindset yang tidak tepat tersebut seikit demi sedikit berubah. Pengelolaan kehidupan termasuk pengelolaan keuangan jauh menjadi lebih baik. Barangkali karena dukungan suami juga plus ada keperluan hidup yang lebih besar.

Dari awal menikah, saya dan suami sudah menyepakati beberapa hal tentang mengatur keuangan. Jangan dikira semuanya baik-baik saja dan bebas konflik. Tentu saja sama sekali tidak.

Dalam perjalanannya banyak sekali rintangan dan tantangan yang kami hadapi. Mulai dari tidak stabilnya keuangan, banyaknya kebutuhan yang tidak dikira-kira sampai faktor luar yang berada di luar jangkauan kami.
Secara umum, kami membagi pos pengeluaran menjadi beberapa hal:

Kebutuhan sehari-hari
Meliputi biaya makan sehari-hari, transport, uang makan di tempat kerja, uang jajan anak-anak, bayar arisan dan iuran di rumah, dana kondangan, bayar listrik, bayar PDAM, pulsa dan kuota internet dll

Sedekah/untuk orang tua
Ini juga selalu dianggarkan di awal. Jangan sampai uang habis tanpa sempat melakukan berbagai kebaikan ini.

Menabung, Proteksi dan Investasi
Ini juga selalu kami anggarkan walaupun tidak selalu dalam jumlah besar. Yang penting rutin. Tabungan berupa tabungan untuk berjaga-jaga bila ada kebutuhan mendesak, biaya pendidikan anak-anak dan tabungan haji. Sedangkan proteksi berupa perlindungan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Sedangkan investasi sementara masih berupa saham dan reksadana.

Membayar Cicilan
Porsi untuk cicilan ini bisa 20% dari total penghasilan. Meliputi biaya cicilan kendaraan bermotor. 

Kebutuhan Tidak terduga
Ini juga hal penting. Kami selalu berusaha menyisihkannya. Misalnya bila ada keluarga dikampung yang sakit dan kami harus menyumbang atau bahkan pulang kampung dadakan. Kebutuhan tidak terduga juga bila ada biaya tambahan rumah sakit dan lainnya.

Hiburan / Piknik Keluarga
Sampai saat ini porsi kami untuk hiburan atau piknik masih tergolong sangat kecil. Karenanya kami juga piknik hanya ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh atau masih terjangkau oleh kami.
Sedangkan untuk liburan dengan jarak yang jauh misalnya keluar negeri, belum ada tabungan khusus. Semoga suatu saat nanti.

Hidup Mudah Dengan Jenius

Dunia digital ternyata membuat segala sesuatunya berubah dengan cepat. Termasuk soal pengelolaan keuangan. Saya yang awalnya mengatur keuangan dengan cara tradisional, kini bisa mengelola keuangan dengan lebih cerdas.

Cara tersebut adalah dengan aplikasi Jenius. Apa sebenarnya aplikasi Jenius? Buat kamu yang belum kenal, akan saya jelaskan sedikit ya.    Yes, Jenius ini merupakan Banking Reinvented. Apaan itu? Artinya, walaupun memiliki fungsi sebuah bank, tapi Jenius mengembalikan semua akses kepada penggunanya.
Sehingga kamu akhirnya memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan kamu sendiri. 

Nah, dengan Jenius ini, kamu nggak perlu cape-cape ke bank lagi. Semua bisa kamu lihat, tata, dan atur langsung dari dalam smartphone-mu.

Beda nggak dengan mobile banking yang udah kamu punyai selama ini ?beda seikit guys, kamu tidak perlu pergi ke bank dan membuat rekening terlebih dahulu sebelum menikmati layanan Jenius.

Dengan Jenius, semua aktivitas finansial bisa kamu lakukan di dalam aplikasi, mulai dari membuka rekening, pembayaran tagihan, transfer uang, tabungan, deposito, pembuatan kartu debit, serta alokasi dana untuk pengaturan keuangan.

Dengan e-wallet juga berbeda. Karena Jenius tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran atau transaksi, tapi juga menerima simpanan dan deposito berjangka dengan bunga hingga 6.5% serta membantumu dalam mengatur keuangan untuk kehidupan keuangan yang lebih baik.

Jenius membantu proses transaksi lebih cepat, memaksimalkan tabungan dengan bunga lebih tinggi, mengatur keuangan dengan kartu debit tambahan untuk alokasi dana dan limit budget.Jadi nih, kamu akan memiliki :
  • $Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi kamu tidak perlu lagi menghafal nomor rekening yang panjang;
  • Split Bill, untuk membagi tagihan kamu dengan teman atau keluarga secara adil;
  • Card Center, pengaturan semua kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu  

Oh,iya Jenius juga secara resmi sudah hadir dalam Jenius Co.Create. Produk digital dari PT.Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) ini memang membuat wadah untuk berbagi ide,inspirasi dan berbagai hal lainnya melalui Jenius Co.Create. 

  
Sudah pada pahamkah? ayo saya sudah membuktikan Jenius, bagaimana dengan kamu?  Tetap semangat dan semoga bahagia guys..




RELATED POST : 

KARTU KREDIT,BIJAK MENGELOLA AMAN BERTRANSAKSI

TIPS KEUANGAN BUAT MILLENIAL SINGLE 

YES,INI CARA MANJUR MEMPERSIAPKAN PENSIUN 




       

24 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. saya juga pakai jenius, mbak :)

    BalasHapus
  2. Menikah memang merubah segalanya ya mba hehehe saya pun gitu setelah nikah lebih bisa ati2 ngeluarin uang.. jenius ini aplikasi baru yang keren sih cukup membantu bagi pengelola keuangan

    BalasHapus
  3. iya bener mbak, jenius ini membantu banget buat lebih jenius ngatur uang hehehe..makasih dah mampir mbak..

    BalasHapus
  4. Wah bisa dicoba nih pakai kalau gaji dan pemasukan mulai stabil hhe makasih mba infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaamiiin.smg semakin stabil.iya ini bisa dicoba

      Hapus
  5. hanya dengan duduk manis di rumah atau di kantor ya, kita bisa dengan mudah mengatur keuangan. teknologi yang sangat mempermudah dan membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt.teknologi makin canggih,tinggal kita menggunakan scr optimal heheh

      Hapus
  6. Bujur banar ka, bahari pas single asala aja, kada beatur duit. Setelah sudah nikah harus pintar-pintar menata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh bujur banar.pas nikah sdh hrs makin pintar heheh

      Hapus
  7. Batul ka, satelah menikah apalagi aetelah punya anak harua pintar dan cermat mengelola keuangan.

    BalasHapus
  8. Ternyata membuka jenius gampang ya. Mantap deh jadi makin mudah mengatur keuangan rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak gampang aja kok.mana kegunaannya byk lagi

      Hapus
  9. Wah keren ya jenius ini, berarti nanti Eny mesti coba juga dong

    BalasHapus
  10. aku masih perlu banyak belajar soal mengatur keuangan ternyata. hiks

    BalasHapus
  11. Mbak pakai Jenius juga? Sama dong kita. Tos dulu mbak. Saat ini Jenius masih di posisi rekening paling favoritku.

    BalasHapus
  12. Wah di bagi bagi gitu ya post nya .. baru tau bener juga sih

    BalasHapus
  13. jadi pengen nyoba jenius juga nih setelah baca review orang-orang. sampai memasuki 3 tahun pernikahan ini pengelolaan keuangan masih berantakan. kadang pas-pasan kadang minus tiap bulannya. heu

    BalasHapus
  14. Baru mengerti ttg jenius. Sblmnya agk bingung kok bnyk org yg ngebicarain dan menggunakannya.

    BalasHapus
  15. Mba enny mau tanya boleh ya,
    Mana yang lebih direkomendasikan antara Jenius dan Bank DBS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bank Dbs? ada produk yang sama ya mbak..aku belum pernah nyoba mbak..

      Hapus
  16. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

     Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini,
     (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. HALO


    Apakah Anda seorang pengusaha atau pegawai pemerintah, dan Anda ingin mandiri secara finansial dan mengembangkan bisnis Anda, ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman jangka panjang dan pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah. Anda tidak harus terus bertanggung jawab secara finansial kepada semua orang, hari ini Anda dapat memutuskan bahwa Anda memiliki kebebasan finansial dan kehidupan yang lebih baik untuk Anda dan keluarga Anda, kami siap memberikan Anda pinjaman apa pun yang Anda butuhkan, Kami akan memberikan Anda. Jangan merasa ingin melihat seseorang sukses secara finansial jika Anda ingin pinjaman Anda ditambahkan ke ekuitas Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini.



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    Email: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp: +447480724786.

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin