Rabu, 20 Februari 2019

ENAM HAL PENYEBAB KARIR MANDEG




bekerja secukupnya (gambar ;souljakarta.com)


Assalamualaikum,

Hallooo, semoga sehat semuanya dan hidup dalam penuh keberkahan. Hari ini aku mau berbagi mengapa karir kita di pekerjaan seringkali mandeg alias jalan di tempat. Sedangkan karir anak yang kita rasa baru kemarin masuk ternyata sudah melesat jauh.

Hmmm, pengalaman seperti ini sudah banyak dikeluhkan teman-teman yang bekerja. Tentu saja, melesatnya karir juga membuat kesenjangan lainnya. kesenjangan soal gaji hiks.



Btw, kehidupan karir dan pekerjaan memang sesuatu yang tidak bisa ditebak. Bisa jadi dia akan melesat jauh melampaui batas cakrawala. Eh, bisa jadi dia hanya jalan ditempat, tidak maju ,tidak juga mundur. Siapa yang tahu dan bisa memprediksi.

Selain memang tentang takdir dan garis tangan, kemajuan karir juga ditentukan oleh seberapa keras usaha yang sudah dilakukan, soal jaringan (dalam dan luar kantor) dan juga mungkin soal doa yang yang tak pernah putus.
Kamu sudah melakukan usaha yang mana?

Baiklah, ada beberapa hal yang membuat karir  memang pada akhirnya membuat karir mandek alias jalan ditempat tadi.

1. KAMU TERNYATA BEKERJA SECUKUPNYA
Hehehe..banyak nggak sih yang seperti ini? Iya banget. Mereka hanya bekerja secukupnya saja. Bahkan memberi sedikit waktu lagi aja untuk kepentingan pekerjaan rasanya ogah-ogahan banget dan sangat perhitungan. Nggak heran karirnya jalan ditempat bukan.

Tipsnya : berikan yang terbaik ketika kamu bekerja. Jangan asal melaksanakan tugas belaka. Mintalah penilaian atasan atas kinerja kamu.

2. SENANG MENUNDA PEKERJAAN
Dengan alasan masih lama deadline, kamu memutuskan untuk berleyeh-leyeh terlebih dahulu sembari menunggu waktu deadline. Kamupun mengerjakan hal-hal tidak penting dan membuang waktu. Hmm, ini bahaya banget. Bukan hanya dirimu yang dirugikan, perusahaan juga merugi mengajimu. Huhu.

Tipsnya : kerjakan pekerjaan sebaik-baiknya dan bila memungkinakan sebelum deadline nya. Itu akan menambah poin kierjamu loh.

3. LUPA
Ada yang seperti ini? Ada dong. Selain emang aslinya pelupa, orangnya nggak disiplin lagi. Dipastikan melupakan pekerjaan penting dengan alasan bertumpuknya pekerjaan lain benar-benar akan menurunkan penilaian kinerjamu guys

Tipsnya  : Gunakan catatan manual atau catatan di smartphone atau dimanapun. Jangan sampai gara-gara pelupa, kamu di cap tidak baik di tempat kerjamu.

4. SUKA BEKERJA SENDIRI dan OGAH BEKERJA SAMA

Nah, ini penyakit nggak bener.  Ingin selalu terlihat menonjol bisa membuat rekanmu tak betah bekerja dengan kamu loh. Padahal, kebersamaan tim juga masuk dalam penilaian kinerja.

Tipsnya: Yakinlah, kamu nggak bisa bekerja sendiri. Tetap membutuhkan orang lain untuk mencapai sukses, walau berupa dukungan dan doa.

5.SOMBONG DAN TIDAK BANYAK TEMAN
Sombong menyebabkan kamu tidak memiliki banyak teman. Tidak ada yang perlu disombongkan termasuk bila kamu merasa unggul dalam satu bidang yang tidak dikuasai orang lain. Bergaulah sewajarnya dan enyahkan rasa tinggi hati. Saiapapun tidak akan mau berteman dengan si sombong bukan?

Tipsnya : carilah teman sebanyak mungkin, jangan cari musuh. Selalulah berbuat baik kepada siapapun. Trust me, ini akan mendongkrak karir cemerlangmu.

6.TIDAK SUKA MEMBERI IDE
Kamu tipe pendiam dan miskin ide? Nah ini salah satu lagi menyebab karirmu jalan ditempat. Kamu hanya diam dalam meeting atau bahkan saat bertemu atasan.

Tipsnya : Pikirkan ide-ide cemerlangmu. Catat baik-baik sebelum rapat atau pertemuan apa yang akan menjadi ide mu untuk kemajuan perusahaan atau sekedar perbaikan kinerjamu. Mungkin awal-awal kamu akan gugup, lama-lama terbiasa kok.

Demikianlah, enam hal yang barangkali membuat karirmu hanya jalan ditempat. Masih banyak hal lainnya yang besok-besok saya tuliskan lagi deh. 

Eniwei, jangan putus asa apalagi patah semangat. Terus berjuangnya dengan apa yang kamu putuskan dalam kehidupan karirmu.






4 komentar:

  1. Suka menunda .. kayaknya itu deh penyakitmu kalo belum mendekati deadline males banget mau ngerjain

    BalasHapus
  2. iayaa bener bgt. menunda penyakit banget tu, membuat kita telat ujung2nya hehehe

    tks dah mampir

    BalasHapus
  3. kalau saya memang sengaja memandeg kan karir mbak, karena pengen nyari penghasilan lain, saya bosan dengan linkup yang itu-itu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan donk mas @sabda.apalagi tempat kerja mas sabda keren banget tuh huhuhu..

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)