Youtube
wb_sunny

Breaking News

Tips Memilih Data Center Indonesia yang Terbaik

Tips Memilih Data Center Indonesia yang Terbaik

Data center Indonesia merupakan layanan yang menyediakan penyimpanan data dan sistem komunikasi dalam suatu perusahaan atau usaha. 

 

Dari segi infrastruktur IT, data center merupakan hal krusial yang sejatinya harus digunakan untuk tiap-tiap perusahaan. Dengan menggunakan data center, maka situs yang mereka gunakan beserta data-datanya akan bisa dijalankan dengan lancar dan juga aman tersimpan.Namun , memilih data center terbaik di Indonesia bukan perkara mudah. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan.

 

tips memilih data center indonesia terbaik

Hal yang Dipertimbangkan Saat Memilih Data Center Indonesia

 

Salah satu hal yang sangat penting terkait dengan data center Indonesia adalah bagaimana cara memilihnya. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali penyedia layanan data center di Indonesia, mulai dari yang ditawarkan dengan harga yang murah sampai yang berharga  selangit. 

 

Namun, jangan khawatir. Anda dapat memilih yang terbaik. Nah, jika dalam waktu dekat kita berencana menggunakan bantuan penyedia data center, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilihnya.

 

  1. Power Supply

Power supply atau sumber daya listrik yang ada di data center tersebut haruslah stabil dan jarang ada gangguan. Perusahaan data center yang baik tentunya memiliki sumber daya listrik cadangan seperti genset ataupun battery bank yang akan meminimalisir kemungkinan listrik mati atau terganggu. Jika data center tidak punya sumber listrik cadangan, maka sudah pasti jika ada gangguan listrik dari pusat, semua sistemnya akan down dan tidak bisa berjalan.

 

  1. Kecepatan Layanan

Mungkin hal terpenting dalam memilih data center Indonesia yang harus dipertimbangkan adalah kecepatan dari data center itu sendiri. Pastikan penyedia data center menggunakan layanan prosesor yang paling baru sehingga kecepatan data center dalam memproses apapun menjadi lebih cepat. Jika data centernya lambat, tentu saja semuanya juga akan menjadi lambat dan tidak akan memuaskan pengunjung.

 

  1. Keamanan

Pastikan data yang tersimpan di data center bisa aman. Keamanan data center menjadi hal krusial di sini. Fitur keamanan haruslah yang terbaik, meliputi sistem login yang terintegrasi, keamanan gedung, dan lain sebagainya. Jika data centernya aman, menitipkan data di sini tentunya juga menjadi lebih mudah bagi para klien.

 

  1. Lokasi Data Center

Data center Indonesia yang mumpuni haruslah terletak di tempat yang strategis. Lokasinya harus berada di wilayah yang layanan internetnya stabil. Selain itu, tempatnya juga harus di daerah yang wilayahnya relatif bebas banjir, tanah longsor atau jenis bencana lainnya. Lokasinya juga harus yang strategis dan mudah mendapatkan supply air karena hal ini akan dibutuhkan untuk mengoperasikan pendingin data center yang ukurannya cukup besar.

 

  1. Bandwidth

Pastikan data center dilengkapi dengan layanan bandwidth yang terbaik. Ketika nanti bisnis sudah berkembang, tentunya kebutuhan terkait bandwidth akan meningkat juga. Inilah mengapa bandwidth adalah salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih layanan penyedia data center di Indonesia.

 

  1. Customer Service

Terakhir, pastikan layanan data center yang digunakan memiliki layanan customer service yang baik. Perusahaan penyedia layanan data center profesional, seperti NEX contohnya, selalu menyediakan layanan customer service yang siap 24 jam sehari. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada kendala dalam layanan yang harus diselesaikan saat itu juga.

 

Itu dia tadi hal-hal yang memang harus dipertimbangkan dengan serius ketika kita hendak memilih layanan data center. Pastikan layanan yang kita gunakan dapat memenuhi semua kebutuhan infrastruktur IT di perusahaan atau di dalam usaha yang dijalankan. Dengan menggunakan bantuan dari penyedia layanan data center Jakarta yang terbaik, dijamin usaha akan lebih maju dan berkembang.

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

1 komentar:

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik ya teman-teman.. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Wah, kalau untuk blogger seperti kita. sepertinya belum mampu untuk sewa data center langsung ya Mbak :)

    BalasHapus