Youtube
wb_sunny

Breaking News

Ultah FBB ke-4, Unstoppable Creation

Ultah FBB ke-4, Unstoppable Creation

Perkenalan dengan Female Blogger of Banjarmasin (FBB) sekitar dua tahun lalu ternyata membawa aura positif. Berawal dari ketidaksengajaan, kemudian akhirnya menjadi bagian dari komuntas blogger perempuan di Kalsel ini.

 

Saat itu sebenarnya iseng saja, ingin gabung komunitas menulis apa saja.Tiba-tiba saja kepikiran tentang hal ini sambil menunggu pesawat di Bandara Soekarno Hatta. Eh, ketemunya malah komunitas blogger. Langsung berinisiatif menghubungi komunitas blogger A, sebut saja begitu, malah mereka ternyata tidak terlalu antusias saya akan bergabung. Hehehehe. Malah mereka arahkan ke komunitas blogger perempuan alias FBB.

 

ultah ke-4 Female Blogger of Banjarmasin

 

Saya langsung WA-lah kontak yang ditemukan melalui instagram dan mereka merespon dengan baik. Sayangnya, sekali lagi, saya pendatang baru. Jadilah masih bingung cara masang-masang logo,misalnya. Walau akhirnya sih bisa juga. Jadilah akhirnya resmi bergabung dengan satu-satunya komunitas blogger perempuan di Kalsel ini. 

 

Buat saya pribadi, ini komunitas blogger pertama yang saya ikuti. Saat itu masih polos banget. Salah satunya adalah sama sekali belum mengerti apa itu DA/ PA atau kinerja blog.Blognyapun masih gratisan dengan tulisan alay curhatan.

 

Alhamdulillahnya, teman-teman dengan baik hatinya di komunitas menjelaskan panjang lebar. Kebingungan baru lainnya,yang saya baru tahu melalui WA grup FBB  ternyata blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Wah saya tahu pertama kali di FBB, saking polosnya saya yaa..

 

Semuanya pembelajaran bidang per-blog-an kemudian berjalan dengan alami bersama FBB. 

Dua tahun bergabung,   tentu saja banyak hal yang saya pelajari. Selain ilmu tentang per-blog an tadi, tentu saja saya memperoleh banyak pertemanan dan semangat untuk terus mengembangkan literasi.

 

Dari hari ke hari, juga perkembangan juga seakin terasa. Mulai dari pebentukan pola penulisan,belajar SEO yang lebih intens hingga blog yang mulai menghasilkan. Alhamdulillah. Perkembangan yang wajib disyukuri. 

 

Tidak terasa FBB sudah mencapai usia 4 tahun saja. Oh iya, saya ingat, ultah ke-2 dan ke-3 nya juga saya hadir. Ketika ultah ke-2,itu hanya beberapa minggu sebelum saya bergabung. Dan alhamdulillah, akhirnya berkesempatan menghadiri ultah ke-4 juga. Meskipun dalam suasana pandemi,bukan berarti ultah kali ini kalah meriahnya dengan sebelum-sebelumnya.

 

Ultah ke-4 FBB,  dirancang dengan banyak kegiatan. Salah satu puncaknya diadakan zoom meeting dengan member komunitas pada 11 Oktober 2020.

 

Pada saat zoom, panitia dan beberapa member berada di Fave hotel Banjarmasin. 

Sedangkan member lainnya mengikuti secara online di rumah.

 

 

ultah FBB ke-4 lewat online

 

 

Perayaan ultah FBB semakin seru karena ada materi pebelajaran yang sangat bermanfaat bagi para blogger. Yang pertama tentang pelatihan Fundamental SEO On Page oleh Coach Irwin Andriyanto (masiriwn.com), Founder dan Owner Tangerang Digital.

 

Pada sesi 1 ini, kami belajar soal seo on page. Bagaimana penempatan yang tepat judul,permalink, meta deskripsi dan lainnya sehingga artikel yang dibuat memenuhi standar SEO dan kemudian bisa mendatangkan banyak trafik. Kereen dong ya kalau blog banyak dikunjungi orang.

 

Mas Irwin juga membuka banyak rahasia soal mengurangi spamscore yang banyak menghantui para blogger kemudian soal broken link dan banyak hal lainnya.

 

 

irwin andriyanto Tanggerang Digital

 

 

Sesi kedua adalah pelatihan Optimalisasi Intagram untuk Influencer/Blogger/Reviewer oleh Niko Julius, pengusaha muda dan online entrepreneur, founder dari nikojulius.com.

Sesi kedua ini juga sangat menarik bagi saya karena memang banyak hal-hal baru yang saya tahu di dunia instagram khususnya. 

 

Misalnya saja soal visual foto yang harus diperhatikan bila ingin posting di instagram dan soal jam “ tidak sibuk” di instagram yang seharusnya itulah saatnya kita memposting foto. Dua sesi ini rasanya masih belum cukup untuk eksplor soal dunia blog dan instagram. 

 

 

nico julian pemateri instgram

 

 

Tentunya semuanya harus dipraktekkan dan diaplikasikan bila tidak ingin ilmu yang sudah didapatkah dengan perjuangan menguap begitu saja.

 

Bertabur Hadiah

Selain dapat banyak ilmu, ultah keempat FBB ini juga bertabur hadiah. Komunita blogger perempuan yang satu ini memang berbeda. Mungkin karena berasal dari satu daerah, sebenarnya beberapa dari mereka, sudah pernah meet up offline,khususnya sebelum pandemi. Tidak heran keakraban sudah terjalin jauh-jauh hari. 

 

Acara ultah ke-4 FBB ini ternyata bertabur hadiah. Sejak jauh-jauh hari sudah diumumkan berbagai sponsor yang mendukung acara ini. Ada 10 sponsor dan 1 media partner dalam acara ini.

 

Selain sejumlah door prize dari para sponsor tadi, kali ini acara ultah juga diramaikan dengan lomba blog. Lomba blog dengan tema “ Peran perempuan dalam politik” ini memperebutkan uang tunai sebesar Rp 1,4 juta, yang akan diumukan pada 6 November 2020.

 

Harapan Bagi FBB Kedepan

 

Sebagai member, tentu saja mempunyai harapan besar kepada FBB. Salah satunya FBB mampu merangkul bakat-bakat terpendam penulis di Kalimantan Selatan agar mampu berkiprah secara nasional.

 

FBB juga diharapkan dapat mendorong literasi perempuan Kalsel sehingga semakin maju. Harapan lainnya, akan lebih banyak lagi even-even yang bermanfaat, sehingga sebagai penulis dan blogger terus bertumbuh menjadi lebih baik dan bermanfaat. Tentu saja #unstoppablecreation dan terus berkarya.

 

Selamat ulang tahun FBB ke-4, semoga menjadi inspirasi bagi sesama perempuan khususnya dan masyrakat Kalsel pada umumnya. Sampai jumpa di ultah FBB ke-5 tahun 2021.Semoga pandeminya sudah berlalu ya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

3 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik ya teman-teman.. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Selamat ulang tahun ya FBB.

    Wah... Keren acaranya, bisa dapat banyak ilmu juga. Mantul.

    BalasHapus
  2. Setelah ulang tahun ke empat ya Female blogger of Banjarmasin, semoga makin maju forumnya.

    Kalo saya jarang ikut komunitas blogger karena aku lihat jarang komunitas buat blogger cowok. Soal SEO dan sebagainya aku juga belum terlalu paham, untuk sementara menulis buat senang-senang saja biarpun ada adsense tapi belum pernah terima bayaran.

    Semoga kedepannya FBB makin bagus ya mbak.

    BalasHapus
  3. Aamiin semoga bisa bertemu lagi tahun depan InsyaaAllah jika panjang umur 🤗 terima kasih dukungan dari member2 keren FBB 😆

    BalasHapus