FBB
KEB

IHB

Inilah 5 Langkah Memelihara kesehatan Tulang

 

Memelihara kesehatan tulang bisa dikatakan tanggungjawab kita sebagai pribadi. Menjaga kesehatan tulang juga sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh yang lain. Agar tak ada penyesalan di masa tua nantinya.

 

Di usia 35 tahun keatas, salah satu hal yang saya khawatirkan adalah urusan kesehatan tulang. Apalagi saat ini sudah memiliki tiga anak yang tentu saja mungkin mengurangi kepadatan tulang sampai berkurangnya kalsium tulang.

Salah satu keluhan yang sangat sering saya rasakan adalah badan pegal, tulang terasa nyeri hingga kelelahan tubuh secara umum. Dan itu umunya baru terasa di malam hari. maklumlah di siang hari sangatlah sibuk sehingga hampir-hampir tak terasa. Dan ketika instirahat di malam hari, barulah bayak keluhan.

Selain malam hari, kondisi kesehatan tulang yang mulai menurun juga terasa ketika bangun tidur di pagi hari. Kondisi tubuh dan tulang terasa tak lagi senyaman ketika masih di usia muda. Tulang terasa makin reot.

Mengapa Kesehatan Tulang Penting

Berbicara tentang  kondisi tulang, kita memang harus mempelajari banyak hal. Salah satunya tentang pelajari proses pembentukan tulang keras, pembentukan  osifikasi, matriks dan beberapa hal penting lain dalam pembentukan tulang di tubuh manusia

Namun secara umum, masa muda memang bisa dikatakan puncak keemasan tulang. Kepadatan tlang juga dengan mudah terbentuk. Dan dikatakan banyak ahli, itu terjadi hingga kita berusia 30 tahun saja.

Setelah masa-masa itu, kepadatan tulang menurun drastis sehingga sehingga seseorang berisiko tinggi mengalami osteoporosis. Bila ini sudah terjadi tentu akan menghambat mobilitas individu di sisa usianya.

Banyak hal sebenarnya yang bisa dilakukan seseorang untuk menjaga agar hal ini jangan sampai terjadi. Namun tak banyak yang mengetahui secara persis langkah apa yang bisa dilakukan. Bahkan, banyak yang mengira minum susu saja sudah cukup. Padahal tak semudah itu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tulang dalam kondisi stabil dan sehat meskipun sudah berada di usia lebih dari 30 tahun.

proses pembentukan tulang keras
foto : banjarmasin post tribun

 

Selain itu, yang terpenting lagi, kita juga harus menyadari dengan baik, kesehatan tulang sangat penting karena tulang memang penyangga utama tubuh kita, da faktor utama untuk melakukan banyak aktivitas.

Dibawah ini kana dijelaskan lebih lanjut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya bagi mereka yang usianyatak lagi muda.

5 langkah Menjaga Kesehatan Tulang

 #Perhatikan Nutrisi Tulang

Seperti halnya bagian tubuh yang lain, tulang juga perlu nutrisi yang baik. Selain susu, seperti Anlene, makanan dengan kadar seimbang sangat baik untuk kesehatan tulang

#Olahraga Teratur

Olahraga teratur tentu sangat disarankan ntuk kesehatan. Termasuk bagi yang ingin tulangnya tetap sehat misalnya dengan jogging atau berjalan kaki di pagi hari secara bertahap.Tidak disarankan olahraga yang terlalu berat untuk mereka yang sudah berumur, terutama untuk menghindari cedera.

#Rajin Berjemur

Sudah menjadi rahasia umum, berjemur akan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh yang tentu saja berpengaruh kepada kesehatan tulang. Disarankan untuk berjemur di pagi hari mulai jam 10 pagi. Apakah kalan termasuk yang rajin berjemur juga?

#Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok tentu saja berdampak buruk pada paru-paru. Ini sudah banyak dikethui orang. Yang tidak diketahui orang, merokok juga bisa mengganggu kesehatan tulang.Perokok memiliki masa tulang yang lebih rendah dan risiko patah tulang yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak merokok.

Pada wanita bahkan merokok bisa menyebabkan percepatan meningkatan pengeroposan tulang. Tentu kita semua tak ada yang tidak tulang keropos kan. Nah, sedapat mungkin hindari merokok.

#Menjaga Berat Badan

Benarkah berat badan berpengaruh kepada kesehatan tulang juga? Ternyata iya. Terlalu kurus bisa menyebabkan osteoporosis. Tetapi orang yang obesitas juga bermasalah dan menyebabkan tulang terllau berat menyangga tubuh yang berat. Nah, jagalah berat tubuh agar selalu ideal ya.

Semoga bermanfaat.

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Bener banget mbak, menjaga kesehatan tulang itu emang penting banget, dulu jaman kuliah aku pernah cek tulang dan emang kondisi tulangku ga bagus, mungkin karna kurang olah raga hahahha, sejak pandemi ini aku jadi lebih rajin berjemur hhhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak, aku juga ada tulang bengkok nih.kethuannya dl pas mau operasi sesar heeee
      bener harus rajin berjemur dan olahraga ya kita semua..

      Hapus