FBB
KEB

IHB

5 Hal yang Disyukuri dari Pernikahan

 

22-2-2022 buat banyak orang sih tanggal cantik ya. Bahkan ada pasangan artis yag sengaja melahirkan anaknya di tanggal tersbut. Tapi buat aku sih, ini bukan sekedar tanggal cantik. Tapi menambah usia pernikahan.

 
hal yang disyukuri dari pernikahan
pernikahan adat banjar(doc : pribadi)

 

Hal yang disyukuri dari pernikahan – menginjak usia 18 tahun pernikahan di tanggal cantik lalu 22-2-2022, pernikahan kami tentu bukan seumur jagung lagi. Ibaratnya pahit, getir dan manis sedikit banyak sudah merasakan. Kadang ada ombak badai kehidupan dan berada di bawah. Namun kadang banyak tertawa dan merasa bahagia saat berada diatas.

18 tahun yang lalu, di depan keluarga besar dan disaksikan oleh-Nya dan para malaikat, kami memulai semua dari nol. Memulai hidup dari sebuah rumah kontrakan di Samali, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Kemudian beli rumah di Depok Jawa Barat dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya karena masih agak enak udaranya, airnya bersih dan akses transportasi juga gampang.

Kehidupan kemudian berjalan biasa sih. Kami suami istri bekerja dan memiliki asisten rumah tangga saat itu. Kerja pagi pulang malam sudah hal biasa. Kemudian satu per satu alhamdulillah Allah hadirkan anak-anak sholeh sholehah sebagai amanah baru kami. Alhamdulillah, si kakak udah mau 17 tahun. Adiknya SMP dan SD.

Perjuangan tentu masih panjang. Anak-anak butuh biaya sekolah, kami juga kepikiran mencari rumah yang lebih baik lagi hehehe. Namun dibalik jejak langkah selama 18 tahun terakhir, ada beberapa hal yang sebenarnya sangat aku syukuri di kehidupan pernikahan.

Hal yang harus disyukuri di kehidupan pernikahan

#Hadirnya cinta dan buah cinta

Cinta yang datang dan dapat bertahan selama 18 tahun semoga membawa keberkahan selalu. Hal yang wajb disyukuri. Kemudian hadirnya anak-anak buah cinta yang tetap sehat,pintar dan baik juga hal yang harus terus disyukuri. Tentu saja, yang terpenting dari semuanya adalah limpahan cinta-Nya kepada keluarga kecil kami selama ini adalah karunia terbesar dalam kehidupan.

#Persahabatan dan tempat berbagi

Pernikahan artinya memiliki sahabat . Sesuatu yang lagi-lagi wajib disyukuri, apa lagi sudah rahasia umum, semakin bertambah usia teman semakin sedikit. Menjalani kehidupan pernikahan artinya memiliki teman berbagi yang sehat.

#Saling belajar dan memahami

Mengapa kita harus mensyukuri kebersamaan?karena darisana lah kelak kita akan belajar soal belajar dan memahami satu sama lain. Bukan hanya memahami antar pasangan tetapi yang lebih kompleks, menurut aku ya adalah memahami keluarga besar dengan corak masing-masing, memahami tetangga tempat kita tinggal dan memahami hal lain dalam hidup.

Pernikahan yang sehat artinya membuat kita di jalur yang tepat untuk tetap belajar memahami segala hal dalam hidup.

#Menjalani kehidupan dunia bersama

Mengapa kebersamaan dalam keluarga harus disyukuri? Semoga sampai akhirat ya tetap bersama. Tapi yang jelas adalah bersama dengan seseorang dan bisa bersama-sama menjalani kehidupan dunia adalah hal yang wajib disyukuri dan dinikmati tentunya.

#Hidup ditempa dengan berbagai masalah

Ditempa dengan berbagai permasalahan kehidupan, naik turunnya kehidupan dan banyaknya persoalan yang kadnag membuat pusing dan galau juga harus disyukuri dalam kehidupan pernikahan.

Seperti kata Daniel Mananta, dalam salah satu podcast nya, hidup itu ibarat sekolahan. Masalah itu adalah macam ujian di sekolah. Ketika kita lulus, maka kita akan naik kelas. Naik kelas disini tentunya diartikan naik tingkat dalam hidup. Woow menarik ya.

Meski demikian ujarnya banyak juga orang memandang hidup sebagai disneyland. Isinya hanya kesenangan belaka. Eh ketika suatu hari dapat masalah, kebingungan dan merasa tuhan tak adil.

Padahal ya demikian lah hidup pernikahan. Isinya bukan kesenangan belaka. Isinya juga kesusahan. Seperti kami yang walaupun sudah 18 tahun menikah masih saja suka galau menghadapi berbagai hal.

Namun inshaAllah tetap semangat dan istiqomah dalam kebaikan. Aamiin. Semoga selalu mendapatkan ridha-Nya dalam pernikahan kami, dalam lindungann-Nya dan menjadi keluarga yang dirahmati-Nya selalu.aamiin

22-02-2004 --- 22.02-2022

6 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Happy wedding anniversary ya mbak, semoga selalu kompak dan bahagia selalu sampai kahir hayat.

    Aku yg baru anniv ke 3 merasa belum seumur jagung hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih ya.doa yang sama buat dirimu dan keluarga yaa
      sehat2 dan bahagia selaluuu

      Hapus
  2. Happy anniversary ke 18 mbak Eny.😊

    Betul juga ya, hidup itu ibarat sekolah dan begitu juga pernikahan. Masalah dalam pernikahan ibarat ujian dan siapa yang bisa melewatinya akan lulus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo mas Agus,makasih byk ya, iya mas,ibarat sekolahan hehe, mungkin khususnya SMP SMA sampai kuliah ya yang agak susah

      Hapus
  3. Happy Anniversary, mbak Enny!
    Alhamdulillah, memang banyak hikmah dari sebuah pernikahan. Semoga tetap langgeng, dan dimurahkan rezeki buat memiliki dan menempati rumah baru....Amin YRA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo kak Lantana, makasih byk ucapannya.semoga sellau sehat buat kk dan keluarga juga ya
      aamiin doanya..

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin