FBB
KEB

IHB

Pertolongan Pertama pada Sakit Gigi

Pernah merasakan sakit gigi? Rasa-rasanya hampir smeua orang pernah merasakannya, baik yang tua muda bahkan anak-anak kadang ada yang sakit gigi. Tidak salah, ada yang mengatakan sakit gigi lebih sakit dari sakit hati.

cara memutihkan gigi
gigi sehat dan bersih (foto : tanya pepsoden)


Permasalahan gigi bisa dikatakan sangat kompleks.Mulai dari sakit gigi hingga bagaimana soal kecantikan gigi, misalnya bagaimana cara memutihkan gigi alami.

Namun permasalahan gigi yang paling rumit buat saya tetap saja soal sakit gigi. Sedangkan memutihkan gigi, tetap ada cara tradisional yang ternyata lumayan manjur dan terbukti. Mungkin akan saya jelaskan di tulisan selanjutnya. Kali ini saya bercerita soal sakit gigi dulu.

Suatu tengah malam saya pernah merasakan sakit gigi yang lumayan parah. Sakit gigi ini yang kemudian saya ingat-ingat terus karena membuat saya nangis sepanjang malam, akibat sakit yang tak tertahankan.

Saat itu kasusnya gigi berlubang, infeksi dan kemudian entah bagaimana ceritanya sampai menyebabkan bengkak yang terlihat nyata di pipi.

Karena sudah tengah malam, saya  berulang kali menyikat gigi, kumur air garam dan meminum obat anti nyeri. Sampai akhirnya setelah sakit parah, bisa juga tertidur setelah minum obat. Tentu saja esok pagi saya langsung ke dokter gigi dan melakukan perawatan.

Sakit gigi bukan sekali itu aja saya temui. Sepanjang hidup saya, masih banyak cerita sakit gigi yang saya alami. Namun rata-rata ringan saja dan tak sampai kepada kasus seperti yang ceritakan  diatas.

Kasus sakit gigi memang umum terjadi. Penyebabnya macam-macam.Mulai dari gigi berlubang, infeksi pada gigi dan berbagai kasus lain yang akhirnya menyebabkan gigi sakit.

Sayangnya di masyarakat banyak sekali mitos-mitos pengobatan yang pada akhirnya menyebabkan gigi yang sakit sembuh tapi malah bisa jadi tambah parah.

Berikut ini akan dijelaskan lebih detail, pertolongan pertama pada sakit gigi berdasarkan rangkuman pendapat dokter gigi.

#Sikat bersih gigi

Yang pertama harus kalian lakukan bila memang mengalami serangan sakit gigi adalah menyikat gigi. Tentu tak sekedar menyikat gigi tetapi harus menyikat gigi dengan memakai pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride memang dikenal sebagai kandungan yang digunakan dalam kesehatan gigi. Salah satunya menggunakan Pepsoden sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi.

# Berkumur dengan air garam hangat

Ini juga dipercaya untuk mengurangi keberadaan kuman-kuman dalam mulut secara alami. Kumurlah dengan air hangat biar meredakan nyeri juga. Disarankan untk kumur agak lama dibagian yang sakit.

# Berkumur dengan larutan pereda nyeri

Disarankan juga berkumur dengan cairan yang mengandung Benziadiaine HCl. Cairan ini bisa ditemukan di apotik terdekat.

# Minum obat pereda nyeri

Ini juga harus dilakukan. Obat anti nyeri seperti yang mengandung paracetamol tentu sangat membantu. Selain sebagai pereda nyeri untuk sementara waktu, umumnya obat pereda nyeri juga ada kandungan obat tidurnya sehingga kita bisa tidur atau beristirahat ketika sakit gigi.

# Mengunyah bawang putih/kunyit/cengkeh

Ketiga macam obat herbal ini juga dipeercaya akan meredakan sakit gigi untuk sementara waktu saja sembari menunggu pertolongan dokter ahlinya buat mengatasi sakit gigi.   

Segera Ke Dokter Gigi

Bila sudah memungkinkan tentu saja harus segera ditangani oleh ahlinya. Ke dokter gigi tentu saja wajib dilakukan agar kejadiannya tidak berulang.

Yang harus digarisbawahi juga,jangan sembarangan memperlakukan gigi bila memang terjadi sakit gigi. Banyak mitos yang ada dimasyarakat mengenai pengobatan sakit gigi ini, misalnya saja dengan cara berkumur bensin atau hal lain yang tentu ak masuk akal.

Pengobatan yang tepat kemudian perawatan gigi selanjutnya secara maksimal tentunya akan meminimalisir terulangnya kejadian seperti sakit gigi atau permasalahan gigi lainnya.

Semoga bermanfaat

14 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Terima kasih tipsny. Ananda Enny. Sangat bermsnfaat. Insyaallah akan dicoba. Tapi 1 tahun terakhir tak pernah lagi sakit gigi. toh gigi nya juga udah banyak yang rontok. He he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. keereen si ibu gak pernah lagi sakit gigi lagi...klo soal gigi rontok,klo dah saatnya bakal rontok juga hehe..sehat2 ibu Nur

      Hapus
  2. Paling kesiksa kalo kedapetan sakit gigi. Rasanya makan jadi gak enak, apa-apa serba males deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt mbak dewi,malas bgt sakit gigi nih, aku bahkan bisa sampai nangis huhu

      Hapus
  3. Saya kalau udh gak nyaman pada gigi selalu minum pereda nyeri dulu, baru kalau ga sembuh2 pergi ke dokter gigi. Sakit gigi bikin gak konsen kerja sih kalau saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi sama mbak maria.pertolongan pertama ya minum pereda nyeri dl ya..

      Hapus
  4. Ah bener banget, sakit gigi ini sama sekali memang nggak enak. Aku kalau nggak bisa, nggak pengen lagi ngerasain sakit gigi. Cukup yang sudah lewat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Rindang, kalau bisa jangan lagi sakit gigi hihi.sakitnya sampai ke kepala..hehe

      Hapus
  5. Dulu ngandelin albotil trs dah dilarang. Padahal terasa khasiatnya

    BalasHapus
  6. taun lalu saya abis 3 juta cuman buat gigi, emang kudu ngerawat si gigi ini biar g boncos belakangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener bgt kak...mahal perawatan gigi ya.kudu dirawat

      Hapus
  7. saya kapok banget dah yang namanya sakit gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak,bikin kapok sakit gigi nih ya hehe.sehat selalu buat kita semua

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin