FBB
KEB

IHB

Menerawang Tantangan Investasi 2023, Apa Saja?

investasi 2023
foto : https://likmi.ac.id/2022/08/08/mengapa-mahasiswa-harus-mengatur-keuangan/


Akhir tahun selalu menjadi waktu yang pas untuk melakukan evaluasi semua kegiatan yang dilakukan selama  2022. Dalam hal ini termasuk semua hasil investasi yang salah satunya adalah investasi obligasi serta bagaimana langkah apa yang akan diambil pada 2023.


Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menyusun strategi  2023 adalah dengan membaca tantangan serta peluang terbaik. Dengan adanya peluang ini harapannya Anda sebagai investor akan memastikan tujuan investasi dan menyesuaikannya dengan instrumen yang akan Anda pilih.

Lalu, tantangan seperti apa yang akan Anda hadapi dalam menjalankan investasi tahun 2023? Dan apa yang harus investor lakukan untuk menghadapinya?

Tantangan Menjalankan Investasi Tahun 2023, Berikut cara Mengatasinya

Guna menyusun strategi investasi pada tahun 2023, Anda sebagai investor harus pintar dan jeli membaca peluang serta tantangan yang ada. Peluang dan tantangan terbesar yang harus Anda hadapi tersebut antara lain:

1. Menemukan tujuan investasi yang tepat

Sebagai investor Anda tentunya mengharapkan keuntungan ketika berinvestasi. Apalagi jika Anda memilih instrumen obligasi. Yang perlu Anda ketahui tak hanya tentang cara investasi obligasi saja. Namun Anda juga harus paham serta menemukan apa tujuan terbesar yang ingin dicapai dengan investasi tersebut.

Paling tidak, investasi yang Anda pilih nanti akan bisa memberikan nilai imbal hasil yang sesuai dengan risiko. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan sekaligus dapat membantu perkembangan Indonesia.

2. Risiko terjadinya resesi global

Resesi memang sedang menghantui seluruh aspek kehidupan saat ini. Ini tak hanya terjadi di Indonesia saja. Namun resesi benar-benar melanda dunia secara global. Situasi ini akhirnya membuat otoritas moneter pada beberapa negara memutuskan kebijakan moneter yang ketat.

Bahkan bank sentral global mengambil keputusan untuk memperketat kebijakan menggunakan tapering off diikuti dengan kenaikan suku bunga. Ini dilakukan sebagai implikasi dari inflasi yang melonjak karena pemulihan ekonomi.

3. Terjadinya krisis energi

Tantangan selanjutnya dalam menjalankan investasi tahun 2023 adalah para investor akan menghadapi krisis energi. Terjadinya krisis energi ini karena beberapa hal yaitu:

- kelangkaan pasokan energi

- tingginya permintaan bahan bakar akibat musim dingin

- ketidakpastian global yang juga memiliki potensi mengakibatkan gangguan pada

rantai pasok.

digibank
sumber foto : https://www.dbs.id/id/treasures-id/articles/kemudahan-mengelola-investasi-obligasi-pemerintah-secara-mandiri

4. Tantangan dalam bidang kesehatan

Meskipun pandemi bisa dikatakan telah usai, namun ketakutan akan kembalinya wabah dengan varian baru cukup meresahkan masyarakat. Hal ini turut menjadi tantangan yang akan investor hadapi pada tahun 2023. Belum lagi tensi geopolitik global yang masih mengalami peningkatan serta iklim yang selalu berubah secara ekstrim.

Semua peluang dan tantangan yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) inilah yang akan Anda hadapi di tahun 2023. Sebagai investor Anda harus bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memilih jenis investasi. Apakah ingin terjun dalam investasi obligasi atau memilih instrumen lainnya.

Selain memilih instrumen investasi yang cocok, Anda juga harus mampu melihat sektor usaha apa kiranya yang akan menghasilkan banyak keuntungan. Termasuk juga apa yang harus Anda hindari dari seluruh tantangan dan peluang tadi.

Investasi Obligasi, Langkah Tepat Untuk Menghadapi Tantangan Investasi 2023

Dalam menghadapi tantangan investasi tahun 2023, Anda tak boleh bersikap lengah atau terburu-buru dalam memilih investasi. Perlu pemikiran yang matang, supaya investasi yang Anda lakukan nanti bisa mendatangkan keuntungan yang setimpal. Apalagi jika Anda memilih investasi obligasi daripada jenis instrumen lainnya.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS saat memutuskan berinvestasi obligasi. Pasalnya dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui cara investasi obligasi yang nyatanya sangat mudah untuk dilakukan.

Selain kemudahan, Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan fitur yang user friendly. Artinya Anda tak akan kesulitan dalam mengakses semua menu yang tersedia pada aplikasi meskipun Anda baru pertama kali menggunakannya. Bukan itu saja, membeli obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan keunggulan yang beragam, yaitu:

● Pembelian produk tersedia mulai dari Rp1 juta dan $1000 US dollar

● Instrumen obligasi sangat lengkap produknya dan tersedia di pasar perdana serta pasar

sekunder

● Semua proses transaksi cukup melalui satu aplikasi

Berdasarkan keunggulan ini, sudah bisa Anda pastikan bahwa jika memilih investasi obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda tak akan kesulitan. Terutama dalam hal akses aplikasi serta proses transaksi yang terjamin keamanan dan kemudahannya.

Sampai di sini tentunya bisa Anda simpulkan bahwa tantangan menjalankan investasi tahun 2023 tak boleh ditakuti atau dibiarkan. Anda harus berani mengambil keputusan yang tepat terkait dengan investasi yang akan dijalankan.

Paling tidak jika memutuskan untuk memilih investasi obligasi, Anda harus terus memantau perkembangannya agar investasi tersebut bisa memberikan keuntungan. Untuk informasi mengenai gambaran investasi keseluruhan serta keunggulan Aplikasi digibank by DBS, silakan Anda cek detailnya disini. 

Semoga bermanfaat

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Sampai saat ini masih belajar tentang investasi, tapi belum pernah coba obligasi sih. Harus pelajari lebih dalam nih, baru coba terjun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat belajarnya mas Rudi.sama nih, saya juga masih tahap belajar terus

      Hapus