FBB
KEB

IHB

Street Food Terkenal di Indonesia untuk Berburu Kuliner

street food pacenongan
kawasan kuliner pacenongan (sumber foto : https://www.alinear.id/id/read/kawasan-kuliner-kaki-lima-pecenongan)


Berburu kuliner street food kini tengah digemari oleh banyak orang, khususnya para anak-anak muda. Menikmati makanan yang dijajakan pedagang di pinggir jalan memberikan sensasi yang berbeda dan lebih asyik dibandingkan makan di restoran mewah. Selain harganya yang ramah kantong, makanan yang dijual pun sangat bervariasi.


Ketika berwisata atau liburan, rasanya kurang lengkap bila tidak mengunjungi kawasan street food di kota tersebut. Di Indonesia sendiri, ada sejumlah kawasan street food yang sudah terkenal dan sangat recommended bagi Anda pecinta kuliner kaki lima. Jika Anda berencana hunting street food, jangan lupa untuk menyiapkan budget lebih supaya bisa membeli berbagai kuliner yang dijajakan.

 Saat ini sudah banyak pedagang di street food yang menyediakan pembayaran non tunai melalui QRIS. Anda bisa menggunakan manfaat mobile banking untuk melakukan pembayaran QRIS, sehingga transaksi bisa lebih praktis tanpa repot mengeluarkan uang tunai. Lantas mana sajakah kawasan street food terbaik di Indonesia?

Kawasan Street Food Terbaik di Indonesia

Ada beberapa kawasan street food terkenal di Indonesia yang cocok didatangi para pemburu jajanan kaki lima. Kawasan street food tersebut berada di berbagai kota. Berikut rekomendasi tempat street food yang bisa Anda jadikan referensi.

  1. Jalan Pecenongan Jakarta

Jika Anda mencari kawasan street food di ibukota, cobalah berkunjung ke Jalan Pecenongan Jakarta Pusat. Jalan Pecenongan ini memang sudah populer sebagai salah satu pusat kuliner kaki lima di Jakarta. Di sini, Anda bisa mencicipi beragam menu makanan sambil menikmati suasana pinggir jalan di malam hari.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta menjadi tempat berkumpulnya makanan dari berbagai daerah hingga etnis. Selain bisa menikmati makanan lokal, di Jalan Pecenongan ini Anda juga mudah menemukan makanan khas Tiongkok, Timur Tengah, hingga Eropa. Makanan yang biasa disajikan di hotel pun mudah Anda temui di sini.

  1. Jalan Banceuy Bandung

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Bandung juga memiliki kawasan street food yang sudah sangat terkenal. Kawasan street food di kota ini berada di Jalan Banceuy. Jika Anda sedang berlibur di kota kembang ini, kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner kali lima di Jalan Banceuy.

Udara Bandung yang cenderung dingin biasanya akan membuat Anda mudah lapar dan ingin mencari santapan yang hangat-hangat. Oleh karena itu, cocok sekali nongkrong malam hari di Jalan Banceuy sambil menikmati jajanan yang dijual di kawasan tersebut. Di sini Anda bisa membeli berbagai jenis makanan, mulai dari siomay, nasi lemak, sop kaki kambing, cakwe, dan lainnya.

         3. Pantai Losari Makassar

Pantai Losari Makassar tidak hanya ramai di datangi bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan laut. Pada malam hari, Pantai Losari selalu ramai karena terdapat kawasan street food yang sudah sangat populer. Di sini, Anda bisa menikmati sajian makanan sambil merasakan udara pinggir laut.

Di kawasan street food Pantai Losari, Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas Bugis-Makassar dan makanan lokal lainnya. Beberapa kuliner yang perlu Anda coba, seperti coto makassar, sop konro, pisang epe, sarabba, ikan bakar, pallu basa, dan sebagainya.

  1. PSP Street Food Tanjung Pinang

Di Tanjung Pinang juga terdapat kawasan kuliner kaki lima terkenal yang bernama PSP Street Food. Tempat ini juga terkenal dengan nama Akau Potong Lembu. Kawasan kuliner malam ini bahkan sudah populer hingga mancanegara. Saat masuk ke kawasan ini, Anda akan melihat lapak-lapak pedagang berderet dan ramainya para pembeli.

Ada berbagai pilihan makanan yang dijajakan Di PSP Street Food, mulai dari kuliner lokal hingga makanan dari luar negeri. Salah satu kuliner ikonik di tempat ini adalah kerang rebus atau siput gonggong. Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda pecinta seafood karena jenis makanan ini menjadi kuliner khas Kepulauan Riau.

  1. Taman Bungkul Surabaya

Apabila Anda sedang berada di Surabaya, tentunya Anda perlu menyempatkan diri untuk datang ke Taman Bungkul Surabaya. Sentra PKL Taman Bungkul menjadi kawasan street food yang selalu ramai pada malam hari. Para PKL di sini sudah tertata rapi di taman sehingga Anda bisa menikmati momen kulineran dengan asyik.

Kuliner yang dijual oleh para PKL di Taman Bungkul sangatlah variatif. Yang jelas tempat ini cocok bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Jawa Timur, seperti rawon, rujak cingur, lontong balap, lontong kikil, dan sebagainya.

  1. Kaki Lima Sungai Musi Palembang
street food sungai musi palembang
stret food sungai musi (foto : https://palpres.disway.id/read/640770/tak-kalah-dengan-luar-negeri-palembang-juga-punya-5-tempat-streat-food-yang-hits-loh)


Kawasan PKL Sungai Musi adalah tempat yang cocok untuk menyantap kuliner khas Palembang. Kawasan street food yang satu ini sudah sangat terkenal karena berada di tepian Sungai Musi. Di sini, Anda bisa menikmati makanan hangat sambil melihat keindahan Jembatan Ampera pada malam hari.

Di kawasan street food Sungai Musi terdapat kafe-kafe tenda dan warung terapung. Berbagai makanan lokal yang bisa Anda nikmati di sini, seperti pempek, tekwan, mie celor, pindang patin, dan sebagainya.

        7. Semawis Semarang

Kawasan street food lainnya yang juga sangat terkenal di Indonesia adalah kawasan kuliner Semawis Semarang. Area street food ini berada di kawasan pecinan, tepatnya berada di gang bernama Gang Warung. Sepanjang jalan di gang ini akan ditutup pada malam hari karena khusus diperuntukkan bagi pedagang kaki lima dan para pembeli.

 Namun kawasan street food ini tidak dibuka setiap hari. Anda hanya dapat mengunjunginya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di Semawis, Anda bisa mencicipi beragam kuliner khas Semarang, seperti babat gongsong, tahu gimbal, lumpia, garang asem, dan lainnya. Selain itu, di sini Anda juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Jawa Tengah dan khas Tiongkok.

 Itulah rekomendasi beberapa kawasan street food yang terkenal di Indonesia yang recommended untuk Anda kunjungi. Saat sedang berlibur kota-kota tersebut, jangan hanya fokus mencari restoran mewah. Cobalah untuk merasakan sensasi kulineran yang asyik dan santai di kawasan street food.

 Dengan berkunjung ke kawasan street food, Anda bisa mencicipi kuliner khas lokal dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini, Anda juga tidak perlu repot membawa banyak uang tunai saat ingin berburu kuliner. Berkat adanya layanan QR Pay, Anda bisa melakukan pembayaran non tunai. Anda tinggal menggunakan manfaat mobile banking untuk scan kode QR yang disediakan oleh penjual.

 Bayar Makanan Street Food Mudah dengan Mobile Banking

Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur QRIS adalah PermataMobile X dengan fitur QR Pay. Anda bisa menggunakan fitur QR Pay dalam mobile banking ini supaya lebih praktis saat membayar makanan street food.  Proses transaksi cukup dilakukan dengan scan kode QR, maka saldo Anda akan otomatis terpotong sesuai nominal yang harus dibayar.

PermataMobile X adalah platform keuangan digital yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan transaksi di era digital. Aplikasi mobile banking ini bisa Anda unduh secara mudah di Play Store dan App Store. Tidak hanya menyediakan fitur QR Pay, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur lain yang mendukung kebutuhan transaksi di era digital.

Berbagai manfaat mobile banking PermataMobile X yang bisa Anda nikmati, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash.

Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mobile banking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. banyak ya street food yang terkenal. 4,5 dan 7 belum pernah saya kunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bang lumayan banyak.hampir semua kota di Indonesia skrg ada street foodnya.kereen emang

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin