FBB
KEB

IHB

5 Ide Olahraga buat Usia 30 Tahun Keatas

5 ide olahraga buat usia 30 keatas
Banyak manfaat berenang (sumber foto : ciputra hospital)

Usia 30 an memang belum terlalu tua. Tapi juga tidak bisa dikatakan masih terlalu muda. Di usia matang ini sangat perlu menjaga kesehatan dengan berolahraga.

 

Olahraga memang wajib hukumnya.Tentu demi kebugaran tubuh.Jangan pernah takut dengan keringat berlebih dan banyak cara agar ketiak tidak hitam.

Sebut saja namanya Doni (30 tahun, single). Seperti usia sepantarannya, Doni juga bisa dikatakan lagi semangat-semangatnya bekerja. Saking semangatnya, beberapa lembur  yang sebenarnya tidak harus dilakukannya, juga tetap dilakukan.

Doni memang pekerja teladan di perusahaannya.Bukan hanya karirnya yang terlihat melesat di bandingkan teman seangkatannya, namun juga terlihat prestasinya banyak mendapat apresiasi atasan dan rekan kerja tentunya.

Sayangnya ternyata Doni abai soal kesehatan. Baru-baru ini Doni sempat dirawat di RS hampir dua minggu lamanya. Diagnosa dokter,Doni mengalami penyakit gerd. Sebuah penyakit disebabkan banyak hal sebenarnya, misal soal ketidakteraturan makan. Hal lain yang jadi penyebab adalah  dipicu oleh stress yang berlebihan.

Dari diagnosa penyakitnya juga diketahui, Doni ternyata tak pernah berolahraga. Alasannya ya sangat sibuk. Weekend, yang biasanya banyak dimanfaatkan orang lain buat berolahraga juga tak mampu dimanfaatkannya buat menjaga kebugaran tubuh. 

Doni kadang hanya rebahan dan scroll handphonenya dan main medsos (media sosial). Selain tentu beberes sedikit kamar kos–nya. Doni bisa dikatakan cowok yang cukup rajin soal kebersihan.

Kalau masih ada waktu luang, paling-paling digunakan buat nonton bioskop atau janjian dengan teman kantornya buat ngopi bareng di mall. Olahraga tentu saja nggak masuk agendanya sama sekali.

Padahal banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan buat mereka berusia 30-an ini. Tentu bukan jenis olahraga berat,olahraga ringanpun sebenarnya sudah cukup, asalkan konsisten.

Yang kedua, tentu bisa dilakukan olahraga yang disenangi saja dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

REKOMENDASI OLAHRAGA

Berikut 5 jenis olahraga yang bisa di rekomendasikan dan bisa dicoba untuk yang berusia 30 tahunan ke atas.

·         Lari dan jogging

Dua olahraga ini tentu saja cukup populer dan bisa dikatakan murah meriah.Apalagi yang dinamakan jogging, bisa dilakukan di kala senggang, misalnya ketika weekend dan libur dari kerja.

Lari sendiri sudah sangat beragam.Olahraga lari tentu bisa dilakukan secara mandiri juga.Waktunya bisa pagi atau sore.

Namun yang saat ini sedang tren adalah lari maraton, mulai 5k, 10k,21k bahkan 40k. Banyak sekali perusahaan yang menggelar even lari ini,namun rata-rata memang sudah berbayar karena memang ada sejumlah fasilitas yang diberikan. Tentu ini bisa diikuti bila memang suka.

·         Renang

Olahraga ini bisa dikatakan kesukaan banyak orang. Dipercaya, ragam variasi gaya dalam olahraga renang bahkan  mampu melatih hampir seluruh otot, seperti otot perut dan otot core, biceps, triceps, bahu, hamstring, quadriceps, , bokong  dan fleksor panggul.

Bagi laki-laki,renang dipercaya mengurangi tingkat stress dan juga utamanya meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler, dan tentu soal stress tadi.

·         Angkat beban

Olahraga ini memang terdengar berat padahal tidak demikian adanya. Angkat beban akan sangat membantu membangun massa otot, meningkatkan kekuatan tulang, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh seseorang.

·         Yoga dan pilates

Dua olahraga ini memang identik dengan kaum hawa.Namun demikian banyak pula laki-laki yang menyukainya dan tentu kaya akan manfaat.

Yoga misalnya, bagi laki-laki fungsinya sangat banyak. Selain stamina tubuh dapat lebih menguat karena yoga, baik dalam hal fisik, fisiologis, dan mental. Seseorang yang rutin yoga pun tidak akan gampang lemas dan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Kelebihan tambahan dari aktivitas yoga bagi pria bisa menaikan mood pria.

Sedangkan pilates merupakan olahraga yang fokus pada inti tubuh untuk meningkatkan kekuatan dan postur tubuh.

·         Olahraga berkelompok

Bila kalian menginginkan olahraga sekaligus pertemanan, bisa dicoba berbagai olahraga berkelompok seperti sepakbola,futsal, basket,voli atau malah ikut bergabung di club fitnes.

Nah, itulah 5 ide olahraga buat usia 30 tahun atau lebih yang bisa dicoba.Sekali lagi, tentu olahraga tidak ada yang hasilnya instan.Juga pengaruhnya buat kesehatan tubuh.Perlu konsistensi dan upaya terus menerus.Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.. 

6 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. selama ini alhamdulillah lari atau jogging meningkatkan semangat dalam menjalani hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ternyata nambah semangat bgt ya hehe.Terima kasih komennya ka

      Hapus
  2. Nah Mbak, usia saya sudah 50+ dekat ke 60. Olahraga yang rutin saya lakukan hanya jalan kaki pagi saja. Setiap hari, kecuali hari jumat.
    Alhamdulillah terasa manfaatnya.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kereen itu pak.itu juga bagus bgt,aplg rutin.semoga sehat terus ya pak..aamiin

      Hapus
  3. waah aku nih yang udah di usia tanggung. hehe. Untuk olahraga aku sejujurnya kaum mageran tapi karena inget umur jadi olahraga klo bisa yang ringan2 doang. Haha, Jogging atau lari kecil ini aku kadang cuma 1 putaran taman, sisanya jalan sama liat-liat orang jualan klo minggu pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo mbak Dian, tampaknya kita sama kegiatan joggingnya..haha,semoga besok2 lebih baik.aamiin

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin