FBB
KEB

IHB

Tips Keuangan Buat Milenial Single

tips keuangan buat milenial single
Single banyak keinginan (dokumentasi pribadi)
     
Single, sebutan bagi yang belum mempunyai pasangan, bagi sebagian orang adalah kebahagian tersendiri. Bagaimana tidak inilah masa-masa seseorang masih “bebas”. Walau terkadang, di luar sana, banyak juga yang mempertanyakan banyak hal. Mengapa masih single? Kapan menikah? Dan sebagainya. Ternyata ada tipsnya untuk mengatur keuangan buat millenial single.

Take it easy. Bila memang kamu masih single dan belum juga menemukan tambatan hati, sama sekali tidak masalah. Teruslah bergaul sebanyak mungkin dan tentu saja berdoa dengan sungguh-sungguh. Dan satu lagi nikmati masa-masa single dengan sebaik-baiknya. Karena ketika sudah menikah, masa –masa single inilah yang kita kenang sebagai salah satu masa indah kehidupan.

Bagi kamu yang merasa kaum milenial, sudah bekerja dan masih single, tentu saja pengaturan keuangan lebih mudah atau dengan kata lain melek literasi keuangan. Namun sayangnya, tidak banyak yang mampu mengatur keuangan dengan baik. Apalagi bila kamu merasa tidak ada target kedepan yang akan diraih. Atau barangkali kamu sama sekali tidak merasa memiliki beban sehingga masih santai-santai saja.

BACA JUGA : KAPAN SEBAIKNYA MEMBELI RUMAH?

MANAJEMEN KEUANGAN MILLENIAL

Namun, meskipun masih muda, gaul dan single (pula) bukan berarti tidak ada tanggung jawab dalam pengaturan keuangan loh. Apalagi di era digital, segala sesuatu bisa kamu dapatkan secara online. Termasuk sejumlah informasi mengenai cara mengatur keuangan.

Memang mengatur keuangan bagi sebagian orang sangatlah mudah. Tetapi bagi lainnya merupakan hal yang sulit. Bahkan saking sulitnya seringkali defisit. Masalah keuangan millenial ternyata juga banyak ya.

Bagi kaum milenial single yang barangkali belum memiliki tanggungan yang terlalu berat. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan loh untuk mengatur keuangan generasi millenial Apa saja?

1. RENCANAKAN BUDGET

Mungkin kamu bukan orang dengan basic keuangan. Tidak masalah. Mengatur keuangan dan budget adalah urusan pemasukan yang harus disesuaikan dengan pengeluaran. Nah kalau sudah banyak pengeluaran, artinya ada yang tidak benar dalam pengaturan budgetmu.
Namun bila ternyata kamu mampu menyeimbangkannya, its the right way. Artinya kamu sudah mampu mengaturnya dengan baik
Ringkasnya, rencanakan budget bulanan dengan matang ya ..
         

2. CATATAN KEUANGAN

Ini serius? Iya dong. Membuat catatan keuangan tidaklah sulit loh. Kalau kamu mau, cukup tuliskan arus masuk uang dan keluar uang kemana saja. Kalau bisa harian lebih bagus. Kamu merasa nggak punya waktu? Catatan bulanan juga tidak masalah. Setelah menerima uang, kamu atur dengan baik apa yang menjadi prioritas. Konon, catatan keuangan ini akan meng-ngerem tindakanmu bila ingin menghambur-hamburkan uang. Jiahhh, benarkah? Boleh kamu coba.

3. KEBUTUHAN DAN KEINGINAN ITU BEDA LOH

Terus terang, mereka yang single susah membedakannya. Iya nggak? Apalagi karena tidak ada tunntutan, rasa-rasanya kok sntai ya mengeluarkan uang hehehe..
Banyak orang yang memang masih bingung membedakannya. Harus di list mana yang menjadi kebutuhan primer, sekunder bahkan tersier (eits..masih tahu kan perbedaan ketiganya?) . Hmmm..apalagi yang namanya keinginan. Sama sekali nggak terbatas. Tinggal di kamu sendiri yang bisa ngerem-nya.

4. TENTUKAN TARGET KEDEPAN

Kamu kepannya mau apa? Beli rumah, mobil atau mau jalan-jalan ke luar negeri? Kuy, apa aja boleh. Tapi dari sekarang atur dong keuanganmu. Sisihkan buat nabung dan investasi
 
 
TETAP SEMANGAT DAN JANGAN LUPA BAHAGIA YA
         

4 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Siapppp..mb Linda. semogaa yaaa
    terima kasih sudah berkunjung..

    BalasHapus
  2. Sekarang ini aku lagi coba-coba investasi. Aku mikirnya, investasi bisa nambah nilai uangku di masa depan nanti. Habis ini mau coba praktekkin tips-tips di atas ah. Thank you, Mbak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener @sintia, harus sedini mungkin deh kita "menanamkan uang" kemudian " memetik hasilnya di kemudian hari. semoga sukses ya

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin