FBB
KEB

IHB

5 Cara Mengembalikan Semangat Kerja yang Menurun

Pernah nggak dalam suatu momen merasa semangat kerja menurun? Bahkan sampai pada kondisi malas sekali berangkat ke kantor? Ternyata kuncinya manfaatkan waktu luang dengan baik dan isi dengan kegiatan yang disukai.. Kalau saya menyukai menonton film horor

semangat kerja menurun
mengembalikan semangat kerja (foto : sudexo)

itulah yang dulu saya alami, sebelum memutuskan akhirnya resign dan bekerja dari rumah saja. Naik turunnya semangat kerja sebenarnya ditentukan banyak hal. dalam kasus saya dulu, semangat kerja bisa hilang gara-gara macet yang luar biasa parah dari rumah menuju ke tempat pekerjaan.

Jalan satu-satunya ya naik motor bareng suami. Tapi jangan dikira ini juga gampang. lelah banget rasanya duduk di motor dan menempuh kemacetan di pagi hari dan harus pulang agak malam, buat menghindari kemacetan lagi.

Kenapa tak naik angkutan umum? Ini sebenarnya juga sudah dicoba juga. Cuma karena letak kantor agak pinggiran, harus melanjutkan perjalanan lagi dari stasiun atau bahkan halte dengan naik ojek misalnya. Ujung-ujungnya biaya membengkak. Dan waktu yang dibutuhkan juga tak sedikit karena ya harus naik turun angkutan umum dulu.

Sampai kantor dengan kondisi lelah dan sudah menghabiskan waktu di jalan cukup lama, kadang membuat kerja jadi kurang bersemangat lagi.

Itu hanya salah satu contoh hal-hal yang berpotensi menurunkan semangat kerja. Kasus lain tentu sangat banyak. Seorang teman misalnya, mengaku akhir-akhir ini tak bersemangat bekerja karena di divisi tempatnya bekerja baru diangkat seorang bos yang baru.

Atasan baru ini, sayangnya kurang bisa merangkul bawahannya. Ujung-ujungnya, susana kerja menjadi tidak nyaman. Teman saya ini salah satu yang merasa tertekan apalagi dengan beban pekerjaan yang bertambah. Ini yang membuatnya malas-malasan dan tidak mood ketika berangkat kerja. 

Memang banyak sekali penyebab menurunnya semangat kerja.Namun demikian bukan berarti, kita sebagai para pkerja menyerah.Tetap harus ada upaya untuk mengembalikan semangat kerja yang menurun tersebut.

5  CARA MENGEMBALIKAN SEMANGAT KERJA

# Mencoba berpikir positif 

Salah satu cara mengembalikan semangat kerja yang menurun, apalagi drastis, adalah dengan mencoba berpikir positif  memandang pekerjaan maupun lingkungan kerja.Atasan yang suka marah atau menyebalkan harus dipandang sebagai cara kita memahami karakter orang.Atau dari sanalah kita belajar lagi soal komunikasi dan bidang pekerjaan kita. Dan mungkin masih banyak hal lain yang bisa dipelajari.

# Mengatur suasana kerja

Suasana kerja di kantor bisa jadi membuat kita bosan. Bisa kita ubah tata letak barang-barang yang ada di meja kantor agar lebih menyenangkan. Minimal seminggu sekali juga wajib segala sesuatu dirapikan, misalnya pada akhir minggu, sehingga ketika Senin datang, kita siap beraktivitas kembali.

# Komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan

Kadang-kadang komunikasi di kantor bukan persoalan receh dan remeh/ Bila kita merasa ada yang salah dengan komunikasi dengan atasan maupun rekan kerja, perlu dicari solusinya sehingga suasana kerja kembali baik dan menyenangkan

# Tidak menunda pekerjaan

Ini bisa dikatakan penyakit smeua karyawan, apalagi bila dirasakan deadline pekerjaan tersebut masih lama. Nah,upayakan jangan menunda pekerjaan dan menyelesaikan secepatnya. Tentu dengan hasil yang baik. 

# Mengisi waktu luang dengan baik

Tentu setiap orang ada waktu luangnya. Sebagai pekerja misalnya mungkin kita masih punya waktu di weekend untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan,misalnya nonton film kesukaan baik di rumah atau di bioskop.Saya sendiri penyuka beberapa film horor, khususnya film horor asal Korea. Jangan lupakan juga gunakan waktu buat beristirahat dengan cukup agar kita bisa menyambut hari Senin atau hari permulaan kerja dengan bahagia dan semangat baru lagi.

Semoga bermanfaat. 

 


 

 


5 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Kalau di Surabaya bisa dibilang naik angkot sudah susah karena terganti dengan transportasi online. Sebenernya biaya operasional ke kantor pun untuk saya agak membengkak. Nah saya pun sering banget merasa tidak semangat ketika kerja. Faktor lingkungan kerja yang jadi alasan utama. Hiks... tapi mau resign seolah belum ada keberanian. Makasih mbak Enny, tips nya berguna banget untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya ya mbak Maria, di Sby kayak dah nggak keliatan angkot. Di Jakarta dan Depok masih ada aja haha.Iya bener transportasi online bikin anggaran membengkak juga, iya memang lingkungan kerja membuat nggak semangat juga, kuncinya tetap sabar dl huhu.makasih mbak Maria

      Hapus
  2. wah kalau saya pas semangat kerja lagi turun itu obatnya biasanya nonton film atau drakor. hihi. apalagi kerjaan di kantor kan kadang monoton gitu jadi suka selang-seling nonton plus ngeblog. hehe

    BalasHapus
  3. Bener banget mba enny, mengatur suasana kerja agar semangat kerja kembali itu efektif banget di aku. Mengatur suasana kerja versi ku biasanya dengan memulai pekerjaan sambil dengar podcast atau musik.

    BalasHapus
  4. Serius ini bener banget mbak, semangat kerja menurun itu jelas ada namanya jg manusia ya. Tp suka menunda pekerjaan itu bagiku emang ngaruh segala-galanya. Di akhir kaya repot sendiri, padahal ya ulah sendiri jg

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin