Selasa, 31 Desember 2019

2019, APA SAJA PENCAPAIAN SAYA?


Agak susah kali ini menulis pencapaian dan “kinerja” di dunia per-bloggeran selama 2019. Apalagi berasa minim prestasi hehehe. Tapi baiklah, sebagai catatan buat diri sendiri, ini tetap harus saya tulis. Terutama di dunia blogger.


2019 bisa dikatakan tahun yang berat bagi saya dan keluarga. Antara lain karena saya dan suami masih juga LDR-an. Alhamdulilah segalanya berjalan lancar. Selama 2019, kami bergantian bolak balik Banjarmasin-Depok. Saya sendiri ampe lupa berapa kali ya ke Depok di 2019. Yang jelas, hampir tiap 1-2 bulan-an  (hiks)

Di 2019 juga tercatat hanya beberapa kali mengunjungi anak saya di Ponpes Daar El Qolam, Tanggerang. Alhamdulillah si kakak sudah lebih matang dan dewasa, sehingga sama sekali nggak rewel walau jarang-jarang di tengok. 

(REVIEW) MENGUNJUNGI KIRAM PARK BANJARBARU


Kiram Park ternyata menawarkan pemandangan alam yang indah. Akses menuju ke lokasi ini sudah sangat bagus.

Kami sebenarnya tidak sengaja mengunjungi Kiram Park. Tujuan awalnya ke Mandiangin Taman Hutan Raya Sultan Adam Kalsel. Mandiangin sendiri adalah sebuah tempat wisata yang memiliki banyak spot-spot untuk dijelajahi, dari Air Terjun yang mempunyai treking yang menantang, Kolam Belanda, Benteng Belanda, Bukit Tirai Hujan Hingga Pemandangan yang wajib dinikmati ketika menuju puncak Tahura. 

Minggu, 29 Desember 2019

(REVIEW) WATERBOOM PESONA MODERN BANJARMASIN


Mengujungi Waterboom Pesona Modern  ini untuk kedua kalinya, aku bisa mengatakan ini salah satu waterboom recommended di Kalimantan Selatan.

Liburan memang selalu menimbulkan pertanyaan. Mau kemana liburan kali ini? Apalagi anak-anak yang benar-benar liburan, sudah menagih saja hehehe. Sayangnya memang liburan kli ini nggak bisa jauh-jauh. Akhirnya liburan kelas lokal jadi pilihan.

Jumat, 27 Desember 2019

LIBURAN DI KOTA CANTIK PALANGKARAYA (2)


Assalamualaikum,

Hallo, kembali lagi lanjutan kisah petualangan perjalanan ke Palangkaraya, Kalteng.

Pagi hari di Palangkaraya cukup sejuk. Apalagi malamnya hujan rintik-rintik. Bersama suami, saya keluar mencari sarapan pagi. Maklum, guest house nya nggak menyediakan sarapan hehehe. Agak sulit mencari yang khas di Palangkaraya. Maksud saya, yang terasa khas buat kami yang berasal dari Banjarmasin.

Rabu, 25 Desember 2019

Pentingnya Jasa Graphic Design bagi Sebuah Bisnis



Halo semuanya. Kali ini saya ingin berbagi soal  Pentingnya Jasa Graphic Design dan Jasa Desain Brosur untuk Sebuah Bisnis

Seperti kita ketahui, dalam dunia bisnis, penampilan merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam hal menarik hati konsumen. Apakah Anda pernah merasa bingung harus memilih satu diantara dua produk yang serupa dan akhirnya Anda menjatuhkan pilihan pada produk yang terlihat paling menarik? 

Jumat, 20 Desember 2019

LIBURAN DI KOTA CANTIK, PALANGKARAYA

Palangkaraya, kata orang Banjarmasin, hanya selemparan batu. Nyatanya kota memang mudah dijangkau. Kami menempuhnya dalam 5,5 jam tanpa macet.

Assalamualaikum,

Keinginan mengunjungi Palangkaraya, Kalteng sudah lama. Apalagi kata orang, jaraknya sangat dekat dari Banjarmasin, Kalsel. Penasaran banget. Sayangnya berkali-kali --waktu masih tinggal di P.Jawa-- dan mudik ke Kalsel, belum juga keinginan ini tercapai. Sampai akhirnya, kata mutiara, " Apa yang kita upayakan, itu yang akan kita raih" benar-benar nyata.

Minggu, 08 Desember 2019

SDM UNGGUL DI ERA 4.0, INDONESIA MAJU


“Prioritas utama kita ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia yang  terkonsolidasi dengan baik,  didukung  anggaran yang tepat sasaran sehingga terjadi peningkatan produktivitas tenaga kerja  melalui  peta jalan yang jelas, terukur, dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat”  

(Presiden Joko Widodo pada Sidang Kabinet Paripurna mengenai Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2020, 23 April 2019, di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat)

Tiang kemajuan sebuah bangsa adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Ungkapan ini terasa tepat ketika kita ingin menggambarkan betapa pentingnya peran SDM dalam kemajuan sebuah bangsa dan memenangkan persaingan global.  

Apalagi, saat ini, Indonesia dan berbagai belahan dunia sedang mememasuki industri yang berbasis digital atau dikenal dengan revolusi industri 4.0.
Industri di era 4.0 ini bukan hanya pada berimbas pada industri besar tetapi juga  memasuki lini industri berskala kecil, menengah (IKM). Sehingga mau tidak mau dibutuhkan SDM yang mampu diandalkan dan transformasi industri ke arah digital. 

Kamis, 05 Desember 2019

#FBBKolaborasi - CERITA IBU (KU)

Assalamulaikum,

Sulit sebenarnya melukiskan kisah seorang ibu. Ya, walau ibuku sendiri. Meskipun kini aku juga sudah jadi ibu bagi tiga anak yang masih menjalani hidupnya dengan bersekolah. Namun, tetap sulit melukiskan betapa mulianya beliau, bagi kami yang tetap jadi anak-anaknya, berapapun usia kami sekarang.

Alhamdulillah, FBBKolaborasi kali ini memberi kesempatan untuk melukikan sosok ibu, wanita termulia dalam kehidupan kita. Terima kasih FBBKolaborasi. Baiklah, aku ingin mencoba memulainya.

Kami memanggilnya mama. Tahun depan usia beliau beranjak 70 tahun. Tidak lagi muda pastinya. Dalam usia yang sudah menua ini, mama ku sudah mengidap beberapa penyakit yang memang wajar sih sebenarnya ada di usianya. Penyakit paling "ringan" adalah katarak.


Jumat, 29 November 2019

APA ENAKNYA JADI PNS ?

Menarik menyaksikan tanyangan Mata Najwa #ApaEnaknyaJadiPNS, hari Rabu lalu. Iya ya, apa ya enaknya sehingga orang berlomba-lomba menjadi PNS?

Assalamualaikum,

Saya tidak menonton siaran langsung acara tersebut. Saya menyaksikannya di Youtube karena awalnya penasaran dengan hastag di Twitter heehe.

Ternyata acara ini menghadirkan tiga gubernur yang memang sedang mencari ASN/PNS juga. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Anies Baswedan Gubernur DKI dan Gubernur Jatim, ibu Khofifah.

Menurut Anies Baswedan,  PNS diburu karena memang soal stabilitas, kepastian, gaji yang baik dan peluang belajar dan membuat perubahan.

Di Jakarta, ujarnya, meski junior bisa memiliki ide dan dieksekusi idenya. Di setiap unit mereka bisa punya peluang untuk melakukan perubahan..


Senin, 18 November 2019

SEMALAM DI SURABAYA TENANG BERSAMA OYO HOTEL


Kemana saja semalam di Surabaya? Jangan khawatir, beberapa tempat bisa dijelajah . Mulai dari keliling kota hingga wisata kuliner

Assalamualaikum,

Beberapa waktu lalu, saya mempunyai waktu hanya semalam di Surabaya, karena memang hanya transit untuk menuju kota lainnya lagi. Di Surabaya memang banyak tempat yang bisa dikunjungi. Namun saya akhirnya memilih untuk mengunjungi beberapa tempat ini. Ini merupakan  wisata religius, sejarah dan kuliner makyus.


Minggu, 17 November 2019

ITINERARY LIBURAN KE PALANGKARAYA BERSAMA BOOKINGLOKAL



Sebagai orang asli Kalimantan -- yang kelamaan tinggal di Pulau Jawa -- rasanya penasaran sekali ingin menjelajah sudut-sudut  Kalimantan. Kami ingin mencobanya dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Assalamualaikum,

Desember nanti, saat anak-anak libur sekolah, kami rencananya akan mengarahkan liburan kali ini ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Palangkaraya kami pilih karena memang tidak terlalu jauh dari Banjarmasin, kota asal saya. Palangkaraya, seperti yang kita ketahui, pernah menjadi calon ibukota baru RI. Walaupun akirnya pemerintah memilih Kalimantan Timur sebagai ibukota baru kelak.
 Dari Banjarmasin menuju Palangkaraya hanya membutuhkan waktu  3-4 jam lewat darat, dengan jarak sekitar 180 km. Jalannya pun kabarnya sudah bagus dan mulus. Jadi penasaran kan? Kami berencana naik angkutan umum bus Banjarmasin-Palangkaraya atau malah rental mobil saja untuk kepraktisannya.


Senin, 11 November 2019

BRT BANJARBAKULA, POTRET TRANSPORTASI UNGGULAN


Bus Tayo begitulah warga Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin-Banjarbaru memberi nama bus ini. Padahal aslinya nama bus ini adalah Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula. Bus yang melayani masyarakat Kalsel sejak Mei 2019 ini awalnya gratis selama tiga bulan. Kemudian sejak Agustus 2019, bus ini sudah berbayar dan melayani rute Banjarmasin-Banjarbaru (PP)

Sabtu, 09 November 2019

APA SYARAT TURUN KELAS DI #BPJSKESEHATAN?

Turun kelas pelayanan BPJS? Kenapa tidak. Apalagi dengan naiknya iuran BPJS kesehatan. Kalau pelayanannya kurang lebih saja, mengapa harus ambil kelas yang lebih tinggi?


Iuran BPJS Naik (suaraislam(dot) id
 
Assalamualaikum,

Beberapa hari lalu, seorang teman SMA menelpon saya. Bercerita tentang bakal bebannya membayar iuran BPJS yang resmi dinaikkan pemerintah mulai Januari 2020 nanti.
oh iya,temen saya ini sebenarnya baru setahun ini saja ikut BPJS. Itupun karena dia melihat orang tuanya yang bolak balik opname di RS dan akhirnya merasa perlu juga untuk ikut BPJS.


Dia sekeluarga 4 orang, akhirnya mengambil kelas 3 . Itupun buat dia sudah cukup berat mengingat dikeluarganya hanya single income. Selain membayar iuran sekeluarga, dia juga membayar iuran BPJS kedua orang tuanya, yang di ikutkannya di kelas II ( yang selama ini kalau opname dinaikkannya ke kelas 1 atau malah kelasVIP). 

Alasannya, namanya juga orang tua, perlu yang lebih nyaman kalau dirawat walaupun harus nambah sedikit dari " jatah" BPJS. Jadilah teman saya harus menanggung 6 orang, dan bayar mandiri. Bersyukur kalian yang BPJSnya dibayari kantor, dipotong dari sedikit gaji atau cara lainnya. Bebannya jelas-jelas lebih ringan.

Rabu, 06 November 2019

(PENGALAMAN) DAFTAR JADI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN BUKAN PENERIMA UPAH

Buat pekerja bukan penerima upah, masa depan haruslah dirancang sendiri. Salah satunya dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Assalamualaikum,

Pernah nggak kalian meragukan masa depan kalian? Hehehe, saya banget itu. Bukan tidak percaya sama yang Maha Pencipta dan Maha Kaya. Namun hidup harus tetap diperjuangkan untuk pencapaian yang lebih baik. Tentu saja sembari berdoa pada-Nya agar selalu diberi kekuatan dan petunjuk.

Salah satu yang cukup menjadi pemikiran, karena bukan PNS dan pekerja kantoran adalah soal dana pensiun dan masa depan. tentulah, saya yang bukan pekerja kantoran ini tidak memiliki dana pensiun seperti mereka yang bekerja tetap.

Oh iya, selama kerja dulu, saya sebenarnya sempat memilki Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Namun karena penghasilan tidak rutin lagi dan malas ke bank buat setoran rutinnya, DPLK nya akhirnya saya cairan. dan jumlahnya waktu itu memang belum cukup banyak hehe.

Minggu, 03 November 2019

KETIKA MILENIAL GUNAKAN QRIS UNTUK PEMBAYARAN DIGITAL


QR Code cocok bagi para milenial yang mengharapkan kecepatan dan kepraktisan. Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS).


Qr code
Sore itu, kami sekeluarga merencanakan makan di luar. Hanya saja, karena “bulan tua”  saya sedang memikirkan tempat makan yang nyaman sekaligus murah meriah. Hehe..
“Tidak perlu nyari yang murah meriah banget kok ‘Mah. Tempat makan yang mahal juga banyak diskon dan cashback-nya, “ celetuk suamiku.


Jumat, 01 November 2019

TIPS AGAR STAYCATION NYAMAN DAN MENYENANGKAN

Beberapa tahun terakhir, staycation menjadi pilihan liburan. Terutama bagi kaum milenial. Seperti apa jenis liburan ini? Mengapa menjadi booming? 


Weekend memang saat yang ditunggu-tunggu. Bersama teman-teman bahkan keluarga senang rasanya bisa  menghabiskan waktu liburan yang sebenarnya hanya dua hari, Sabtu dan Minggu. Ditengah padatnya rutinitas pekerjaan, memang weekend menjadi hiburan tersendiri. Apalagi kadang-kadang, bila pekerjaan sudah menumpuk, weekendpun bisa dipakai sebagai waktu kerja alias lembur.

Senin, 28 Oktober 2019

BERDAMAI DENGAN ANEMIA ! ANTISIPASI DENGAN MALTOFER


Terkena anemia sungguh pengalaman tak terlupakan. Apalagi sampai transfusi darah berkantong-kantong. Harus hati-hati sekarang, jangan sampai pengalaman buruk tersebut terulang.

Maltofer Woman Community (dok: pribadi)



Juni 2017. Saat itu kami sekeluarga berbelanja ke pasar Tanah Abang. Si sulung akan masuk pesantren sehingga kami harus membeli berbagai perlengkapannya. Entah kenapa, saya merasa lemas sekali muter-muter pasar yang saat itu sebenarnya tidak terlalau padat, karena sudah melewati Idul Fitri. Saya menyangka ini merupakan efek sarapan yang terlalu sedikit sebelum ke Tanah Abang. Sayapun mengatakan ke suami, yang langsung membeli minuman dan mengajak makan. Namun, tidak banyak perubahan sampai ke rumah lagi.

Sabtu, 19 Oktober 2019

ANGKUTAN UMUM BERBASIS LISTRIK, SOLUSI TRANSPORTASI MODERN


Bisa nggak membayangkan , bila transportasi umum seperti Transjakarta semuanya  menggunakan bus listrik? Bukan hanya bebas polusi dan kebisingan. Konsumsi BBM dalam negeripun dijamin lebih hemat.

Assalamualaikum,

Pagi-pagi dan sibuk. Itulah rutinitas saya dahulu, dan mungkin banyak perempuan lain di luar sana. Setelah beres urusan rumah dan antar anak ke sekolah, biasanya saya langsung menuju kantor.

Jumat, 18 Oktober 2019

(Event report) FBB 3rd Year Anniversary


Female Blogger of Banjarmasin melangkah pasti di usianya yang ketiga. mengusung tema “ Shine Up”. FBB ingin memberi arti lebih  khususnya di kalangan blogger di Kalimantan Selatan.
 
Assalamualaikum,

Perkenalan saya dengan Female Blogger of Banjarmasin (FBB) sebenarnya secara tidak sengaja. Saat itu, setahun yang lalu, tiba-tiba kepikiran mencari komunitas menulis di Banjarmasin. Ternyata yang bertemu malah sebuah komunitas blogger.

Kamis, 17 Oktober 2019

IDE UMROH BACKPACKER DENGAN NYAMAN



Ide ini sebenarnya sudah lama. Umroh dengan cara backpacker aja. Jadi tidak perlu jasa travel agent. Kebetulan diantara kami ada yang sudah pernah umroh.

Assalamualamualaikum,

Umroh backpacker? Jujur, sebenarnya saya belum pernah kepikiran. Seorang teman baik saya sejak SMP, mengajukan ide ini dalam sebuah kesempatan. Kata dia, sebenarnya prinsipnya sama saja dengan backpacker-an ke tempat lain. 

Rabu, 16 Oktober 2019

(REVIEW) ASIKNYA STAYCATION DI HOTEL IBIS STYLES JAKARTA SIMATUPANG


Ibis Styles Jakarta Simatupang bukan hanya menawarkan kenyamanan ketika menginap. Tetapi juga berbagai fasilitas dan kemudahan akses karena letaknya yang strategis. Sangat cocok untuk liburan keluarga, event blogger atau  urusan bisnis.




 
Ibis Styles Jakarta Simatupang ( sumber : www.accorhotels.com)

Assalamualaikum,

Akhir pekan selalu menjadi hari yang menyenangkan buat kami sekeluarga. Walau tidak tiap minggu bepergian, tetap saja menyenangkan. Biasanya tempat yang kami pilihpun untuk “hiburan” anak-anak, yang tidak terlalu jauh dari rumah kami di Depok. Dan sedapat mungkin, berbiaya yang tidak menguras kantong. Nggak lucu kan, gara-gara liburan akhir pekan keuangan keluarga jadi berantakan.

Kamis, 10 Oktober 2019

(Review) Gunakan GoMassage, Mood Baik Kembali Lagi


Apa yang kamu rasakan kalau berjam-jam terjebak di jalan karena macet? Sebal? Kehilangan mood? Sudah pasti. Inilah yang kami alami dalam perjalanan Depok-Bandung, Juli lalu. Untung saja ada GoMassage, yang mampu mengembalikan kesegaran tubuh.

Assalamualaikum,

Jumat malam, medio Juli , kami menuju Bandung. Tujuannya sih, mau mengunjungi om tante-nya anak-anak yang emang tinggal di Bandung. Dari Depok sekitar jam 20.30 WIB. Kami mampir dulu ke bengkel di daerah Margonda untuk ganti oli mobil. Kelar jam 22.00 WIB langsung menuju Bandung.

Sabtu, 28 September 2019

(PENGALAMAN) pasien anemia Dan HB rendah (2)

Apa kira-kira perasaan kalian kalau tahu Ada 9 kantong darah orang lain yang sudah masuk ke tubuh kita. Darah siapa kah itu. Apa kah bersih dari penyakit? Atau apa prilaku mereka sehari-hari ya? Mengerikan

Assalamualaikum,
Galau. Pasti itu yang saya rasa kan. Namun sekali lagi. Terkadang hidup tidak menyediakan banyak pilihan. Termasuk ketika saya ternyata sudah dimasukkan sembilan kantong darah. 4 kantong di 2017 dan 5  kantong darah di 2019.

BACA : PENGALAMAN TERKENA ANEMIA (1)

Senin, hari itu saya masih sempet mengambil nomer antrian berobat buat ibu ke rumah sakit. Rencana nya mau nemenin beliau kontrol mata jam 1 siang.


(PENGALAMAN) terkena anemia (1)

Pengalaman ini sengaja saya tuliskan agar bisa menjadi pelajaran buat orang lain

Assalamualaikum,
Alhamdulillah ketika  menuliskan ini keadaan saya jauh lebih baik dari be berapa hari yang lalu hehe. Walau masih opname sih

Btw, saya pertama Kali terkena anemia yang tergolong akut pada agustus 2017. ingat banget soal nya pada saat itu orang pada sibuk bikin tumpeng 17an dan malam nya kumpul-kumpul.

Saat itu HB (hemoglobin) saya diangka 4. Kebayang kan parah nya. Alhamdulillah masih terselamatkan hiks. Oh iya sampai ke angka itu pun saya masih menunda-nunda di bawa ke rumah sakit karena penakut luar biasa. Ya Allah.

Selasa, 17 September 2019

(Review) menginap di apartemen Somerset Permata Berlian Jakarta Selatan

Pernah nggak kepikiran menginap di apartemen saja ketika dalam sebuah perjalanan di sebuah kota? Fasilitas sudah pasti lengkap dan lebih felksibel loh. Ini bisa jadi pilihan #staycation loh.


Assalamualaikum,

Sebenarnya ini menginap yang tidak direncanakan. Dua adiknya saya yang tinggal di Bandung ingin jalan-jalan ke Jakarta. Biar dekat kemana-mana mereka mencari penginapan dalam kota Jakarta saja. Dan, saya plus suami ikutan nginap juga hehehe..

Senin, 16 September 2019

(PENGALAMAN) MERAWAT PASIEN PASCA KATARAK


Banyak kegagalan pasien pasca operasi katarak hanya karena beberapa keteledoran dan ketidaktahuan. Diperlukan pengetahuan yang baik  dan penanganan yang tepat.

Assalamualaikum,

antrian di ruang operasi (dok ; pribadi)


Alhamdulillah mempunyai waktu untuk bisa menulis kembali.  Kali ini saya ingin berbagi soal pasien pasca operasi katarak.
Kira-kira seminggu yang lalu , ibu saya akhirnya bisa dioperasi katarak. Di usia beliau yang sudah mencapai 70 tahun, perkara operasi bukan hal gampang. Terdengar menakutkan hehehe..walaupun seperti kita semua tahu, dunia kedokteran semakin hari ya semakin maju. Jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan sebenarnya.

Jumat, 13 September 2019

(Review) Menginap Nyaman di Pakons Prime Hotel Tanggerang

Pakons Prime Hotel menawarkan kenyamanan menginap yang luar biasa. Apalagi lokasinya di tengah kota Tanggerang.

Assalamualaikum,
Sebenarnya kami tidak Sengaja menemukan hotel ini. Hari itu menang kami langsung cuzz dari Jakarta menuju Tanggerang. Berencana menginap biar esok harinya gampang menuju pondok pesantren anak kami.

Sengaja tidak  mencari penginapan atau hotel dari jauh-jauh hari atau mencari di aplikasi, karena pengalaman kami akan susah lagi mencari hotel nya.


Jumat, 06 September 2019

BAHAGIA ITU ADALAH..

Assalamualaikum,


Selamat hari Jumat penuh berkah.


Beberapa hari yang lalu berkumpul dengan beberapa teman sekelas ketika masih SMP. Pembicaraan kami sebenarnya ngalur ngidul. Namun ketika seorang teman mulai membicarakan soal kehidupan sehari-hari, terbesit ide pembicaraan soal bahagia. bahagia itu apa sebenarnya? Bagaimana mengukurnya?

Kamis, 22 Agustus 2019

KEBAHAGIAN KELUARGA KUNCI TUMBUH KEMBANG ANAK

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah nutrisi yang cukup. Namun jangan lupakan pula soal kebahagiaan keluarga.

Assalamualaikum,

Ada kabar baik apa hari ini? Kalau kamu belum bisa menjawab pertanyaan ini atau tidak biasa, bisa jadi hari ini kamu kurang bersyukur. Karena sesungguhnya setiap hari adalah anugerah dan banyak sekali yang harus kita syukuri dan mungkin membuat kita tersenyum.


Selasa, 20 Agustus 2019

KOTA TUA YANG TAK PERNAH TUA

Mengunjungi Kota Tua untuk kesekian kalinya selalu menyiratkan kegembiraan tersendiri. Walaupun panas membara, Kota Tua tetap menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga.


Kota Tua Jakarta (dokumentasi pribadi)


Assalamualaikum,

Saya mengunjungi Kota Tua, Jakarta , Juni lalu, untuk kesekian kalinya. Kali ini kami hanya bertiga. Saya dan dua bocah yang sedang bosan berat liburan di rumah saja. Sesungguhnya, Kota Tua sangat mudah dijangkau dari tempat tinggal kami di Depok.

Minggu, 18 Agustus 2019

PERENCANAAN KEUANGAN BUAT IBU HAMIL


Senang sekali pastinya kalau akhirnya hamil. Terutama buat pasangan yang baru menikah. Cuma yang harus dipikirkan selanjutnya adalah bagaimana mempersiapkan pendanaan baik saat hamil maupun melahirkan.

Assalamualaikum,

Alhamdulillah bisa bersua kembali. Kali ini aku mau berbagi soal mempersiapkan dana ketika hamil maupun kemudian melahirkan. Gimana perasaan kalian ketika hamil? Senang, deg-degan atau bagaimana? Kalau saya sih,  hamil anak pertama atau kedua bahkan ketiga, sama aja. Semua tetap deg-degan. Haha. Terutama soal prosen lahirannya. Hehehe. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar.

Minggu, 04 Agustus 2019

MENGAJARKAN ANAK-ANAK MENABUNG



anak perlu belajar menabung (source : educenter.id)


Siapa bilang kebiasaan menabung bisa datang dengan sendirinya. Anak-anak juga perlu diajarkan tentang masalah keuangan dan pentingnya menabung. Apa saja yang harus dilakukan?

Assalamualaikum

Kali ini saya ingin berbagi soal menabung. Khususnya mengajari anak-anak menabung sejak dini. By the way, pernah nggak kalian mendengar orang dewasa yang tidak mempunyai kebiasaan menabung? Saya kira salah satu penyebabnya adalah karena tidak mempunyai habit menabung sejak dulu.alias tidak dibiasakan sejak kecil, misalnya.

Jumat, 26 Juli 2019

MILLENIAL, AYO BERASURASI DI SEQUIS


         

Asuransi kesehatan sudah menjadi kebutuhan pokok. Bukan hanya karena berobat sudah semakin mahal tapi karena memang semakin banyak penyakit yang hampir tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Cerita sedih ini adalah tentang seorang sahabat yang telah berpulang. Beberapa tahun yang lalu, seorang sahabat akhirnya harus mengakhiri hidupnya karena kanker serviks pada usia 30 tahun. Terlampau muda memag untuk mengakhiri hidupnya. 

Senin, 22 Juli 2019

MAU JUALAN UNTUNG? DI SINI TEMPATNYA



 
Berkembangnya internet dan dunia digital membuat banyak hal berubah. Bila dulu orang harus repot mencari toko untuk lahan berjualan. Kini jualan online di market place bisa menjadi pilihan.

Dua tahun lalu, saya dan suami tertarik membuka sebuah toko. Pertanyaan saat itu, toko apa yang ingin kami buka? Dimana lokasinya? Berapa kira-kira modalnya? Melalui diskusi dengan seorang teman baik yang sudah berpengalaman dalam berbisnis, kami akhirnya memutuskan membuka toko alat tulis kantor (ATK).

Minggu, 14 Juli 2019

ETIKA SETELAH RESIGN

mantan teman sekantor yang tetap kompak (dok:pribadi)


Kamu akhirnya bisa resign dari tempat kerjamu sebelumnya yang barangkali menyebalkan. Atau bisa jadi karena kamu sudah mendapatkan tempat kerja baru yang lebih baik. Tapi sebenarnya, ada nggak sih etika ketika kita sudah resign dari sebuah kantor?

Assalamulaikum,

Semoga semuanya selalu sehat meskipun cuaca agak tidak bersahabat ya. Eniwei, kali ini aku mau sharring soal penting. Menurut aku sih penting banget. Apa tu? Penasaran ya. Sesuai judul diatas, aku mau sharring bagaimana sebenarnya etika ketika kamu sudah berhenti dari sebuah kantor atau lingkungan kerja kamu yang lama.

Senin, 08 Juli 2019

TIPS LIBURAN KETIKA TIKET MAHAL



 
cari destinasi liburan yang sesuai kantong (dok : pribadi)
Musim liburan telah tiba. Sayangnya banyak orang yang tertunda liburannya gara-gara mahalnya harga tiket. Apa yang harus dilakukan?

Assalamualaikum,

Berjumpa lagi kita, walau harus saya akui beberapa waktu terakhir, kesempatan menulis terlalu sedikit karena banyaknya kesibukan.

Well, saya harus mengatakan bersyukurlah kalian yang mungkin tinggal di Pulau Jawa dan di lokasi tempat tinggal kalian banyak sekali tempat hiburan dan liburan. Artinya kalau mau liburan, tidak perlu memusingkan biaya transportasi seperti pesawat.

Kamis, 20 Juni 2019

CARA BIJAK MENGGUNAKAN Go-Pay, Ovo dan DANA



 
cashback bertebaran (doc : pribadi)

 
Ngerasa nggak sih kita makin konsumtif gara-gara menggunakan pembayaran digital? Kalau iya, saya dan kamu tidak sendiri. Ada caranya nggak ya supaya kita lebih bijak menggunakan pembayaran digital ini

Assalamualaikum,
Terasa lama tak bertemu dan menulis dengan hati di blog ini hehehe. Semoga sehat semuanya. Hari ini kita akan membahas salah satu jenis  Fintech. Bukan soal PINJAMAN ONLINE tapi soal pembayaran digital melalui dompet digital.  Eniwei , pembayaran digital emang lagi marak banget.

Selasa, 11 Juni 2019

MAU MASUK PTN? CUKUP BIMBEL ONLINE SAJA


 
source  : ruangguru.com
  
SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang lalu sempat membuat kami cemas. Maklumlah dua ponakan kami sama-sama lulus SMA tahun ini. Yang jelas, mereka sudah berusaha belajar keras di sekolah dan di rumah melalui Ruangguru.

Assalamulaikum,
Kali ini saya ingin bercerita perjuangan Ana dan Chiko. Dua kakak beradik keponakan saya ini sebenarnya memilki beda usia 1 tahun. Namun kemudian Chiko loncat kelas (akselerasi) sehingga mereka pada akhirnya lulus berbarengan tahun ini dari sebuah SMA di Banjarmasin.

Keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda. Sama-sama rajin belajar. Meskipun tinggal di Kalimantan Selatan yang notabene pendidikannya tertinggal dibandingkan sekolah-sekolah di Pulau Jawa, mereka tidak putus asa. Salah satu langkah yang mereka ambil adalah mengikuti berbagai dua bimbingan belajar (bimbel) di Banjarmasin dan juga ikut mendownload Ruang Guru sejak kelas 2 SMA.

Langkah mereka tidak hanya sampai disitu. Usai mengikuti UN SMA, mereka segera terbang ke Jakarta dan ikut bimbel untuk masuk UI. Namun tidak hanya berikhtiar  lewat ikut bimbel di siang hari, mereka juga terus belajar melalui bimbel online terpercaya yang sudah mereka kenal sejak masih SMA yaitu Ruangguru.   


Salah satu yang mendorong mereka terus belajar melalui ruangguru adalah karena memang konten yang ditawarkan bisa dikatakan sangat komplit.  Konten video belajar khusus mata pelajaran salah satu yang sering mereka gunakan. Disini mereka bisa menemukan mulai dari fitur misi belajar, latihan topik, bank soal sampai video belajar beranimasi lainnya.

Kalian mau tahu juga kan bagaimana mengakses Konten video belajar ini? Caranya sangat mudah teman-teman..

1. Instal aplikasi Ruangguru
Tentunya ini bisa kemu lakukan melalui playstore di handphonemu ya.

2. Daftar Ruangguru
Pada langkah ini, kamu bisa mengisi biodatamu ya seperti nama lengkap, email, nomor handphone,  jenjang pendidikan dan kata sandi. Kamu juga bisa daftar menggunakan akun Facebook atau Twitter. Jangan lupa untuk mengisi domisili kamu juga.

3.Pilih “ruangbelajar”
Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat banyak pilihan produk belajar Ruangguru. Kamu tinggal pilih ruangbelajar, lalu pilih jenjang pendidikan yang sesuai dengan kamu. Kemudian, pada setiap mata pelajaran ada sub topik sesuai kebutuhan kamu setiap mata pelajaran.

Nah, yang menarik, disini kamu bisa belajar melalui video pelajaran,  latihan soal, rangkuman dan kuisnya. Konsep pelajaran diajarkan menggunakan animasi sehingga lebih mudah dipahami.

Setelah lihat video belajar, tentu saja kamu juga memerlukan pendalaman lebih baik lagi bukan? Misalnya melalui banyak latihan soal. Nah, di ruangbelajar kamu bisa akses latihan soal dengan klik next.

Setiap latihan soal ada pembahasannya, agar kamu lebih paham setelah mengerjakan sendiri.

Apa saja keuntungan belajar melalui video pelajaran di Ruangguru?

1. Dapat Belajar Dimana saja dan kapan saja
Yes. Kamu yang belajar melalui media ini tentu saja bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Apalagi video ini kamu akses melalui handphone mu bukan? Nah, tentu akan lebih mudah

2. Dapat diulang kapanpun kamu mau
Ini tentu saja keuntungan yang lain. Kamu bisa mengulang melihat video belajar berulang-ulang. Kemudian juga melihat banksoal, latihan soal dan memahami berbagai materi.

3. Ada animasinya, jadi menarik deh
Kamu nggak bakal gampang bosan, karena bukan hanya teks seperti dibuku pelajaran tapi juga dilengkapi dengan animasi yang membuatmu juga makin mudah menyerap pelajaran.

4. Materi Lebih Mudah dipahami
Lah iya. Karena melalui video, kejadiannya seperti “ nyata”. Wow, tentu lebih mudah dipahami kan materi pelajarannya?

5. Didukung guru-guru yang master dibidangnya loh.
Apa iya? Iya dong. Kalau nggak paham materi bisa bertanya tentunya. Dijamin kamu akan memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan siap menghadapi berbagai ujian kedepannya.

6. Lebih Hemat
Pastinya, karena belajar kamu nggak perlu lagi ke tempat les atau bimbel. Cukup di bimbel online seperti Ruangguru.

Sudah pahamkah ? Yang jelas, tidak ada usaha yang bakal sia-sia. Kerja kerasmu pasti akan menghasilkan kok. Ayo, tunggu apa lagi..

Tetap semangat ya semuanya. Semoga apa yang dicita-citakan tercapai..

Senin, 27 Mei 2019

MENGHITUNG BIAYA MUDIK DEPOK-LAMPUNG 2019


Mudik udah kayak kewajiban. Sedapat mungkin dipenuhi sih , apalagi cuman setahun sekali yang rutin. Apa aja yang kudu disiapkan? ini rincian biaya mudik Depok-Lampung yaa

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, ketemu lagi. Kali ini mau ngebahas soal mudik. Btw, menurut kalian kenapa mudik sudah seperti jadi kewajiban ya. Saya sendiri nggak tahu jawaban persisnya sih. Yang jelas, mudik lah yang jelas-jelas mempersatukan kita dalam satu momen. Momen lebaran yang indah.