Jumat, 27 Maret 2020

LIKA-LIKU BELAJAR ONLINE #dirumahaja

Belajar online di rumah ada plus minusnya. Yang jelas keterlibatan orang tua perlu banget. tentu saja demi kesuksesan belajar online si anak hehehe

Seperti yang kita ketahui bersama, anak-anak memang diwajibkan belajar online #dirumahaja, dalam 14 hari ini. Di Banjarmasin waktunya 18 Maret-31 Maret. jadi 1 April sudah sekolah lagi rencananya. Nggak tau kalau diperpanjang lagi sih, belum ada pengumuman lagi.

Senin, 23 Maret 2020

INILAH #dirumahaja VERSI KAMI

#dirumahaja nggak bakal membosankan bisa dilakukan dengan ikhlas dan rasa gembira. Apalagi buat orang rumahan seperti saya. Banyak banget yang bisa dilakukan #dirumahaja. Kali ini bersama anak-anak.


Terus terang , kalau urusan Work From Home (WFH)  sudah saya lakoni lama sekali. Sejak saya resign dari kantor pertama dulu, proyek-proyek lanjut #dirumahaja hehehe.Alhamdulillah, walau nggak bikin kaya melintir, aktivitas ini menyenangkan. Masih bisa anter jemput anak sekolah, masih bisa nemenin anak-anak belajar dan ngaji plus dapat uang yang lumayan. 

Kamis, 12 Maret 2020

INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SD NEGERI (SDIT/SDNEGERI, PILIH MANA (2)


SDIT atau SD Negeri? Kadang orang tua tetap bingung. Apalagi bila SD swasta jauh dari rumah plus keuangan tak memungkinkan.  Bagaimana kondisi SD negeri sekarang?

Jujur, sebelum memasukan anak-anak ke SD negeri, saya juga termasuk yang tidak percaya dengan “kualitas” SD Negeri. Apalagi  yang kita dapatkan hanya sedikit info soal SD Negeri yang konon berjumlah ribuan di seluruh pelosok Tanah Air. Dan satu lagi, selama ini saya terlalu terbiasa memasukkan anak-anak ke SD swasta atau SDIT.

Rabu, 11 Maret 2020

INILAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SDIT (SD NEGERI / SDIT, PILIH MANA? (1)

SD Negeri atau SDIT? Banyak orang tua yang ragu. Apalagi bila kita melihat sekeliling, tetangga, sodara, makin membingungkan kita dalam menentukan pilihan pendidikan anak.

SD Negeri atau SDIT?  Beberapa tahun yang lalu, saya sempat bingung, harus memasukkan anak saya ke SD Negeri dekat rumah atau Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Dengan pertimbangan keuangan yang ada saat itu, kami pun memasukkan anak pertama kami ke SDIT yang lumayan jauh dari rumah. Walhasil anak saya harus menempuh perjalanan agak jauh kalau sekolah, baik diantar/jemput atau ikut jemputan sekolah. Anak pertama saya, di SDIT tersebut hingga lulus sekolah.

Senin, 09 Maret 2020

MENGUNJUNGI PONPES SULAIMANIYAH PUTERI DUREN SAWIT JAKTIM

Ponpes Tahfidzul Quran Sulaimaniyah Duren Sawit merupakan salah satu dari banyak cabang Sulaimaniyah di seluruh Indonesia. Belajar disini, untuk setingkat SMU anak akan belajar dua tahun di Indonesia dan dua tahun di Turki.

Ponpes Tahfidzul Quran Sulaimaniyah dikenalkan  oleh anak pertama saya, yang saat ini sedang mondok di salah satu pesantren di Tanggerang, Banten. Katanya dia tertarik pindah ke pondok Tahfidzul Quran dan beasiswa sebagian dari pemerintah Turki. 

Sabtu, 22 Februari 2020

MEMPERSIAPKAN ANAK PEREMPUAN AGAR MANDIRI

Banyak yang mengatakan, anak lelaki harus dipersiapkan lebih baik. mengapa? Karena mereka kelak pemimpin dalam rumah tangga. Anggapan ini benar adanya. Namun, tak ada salahnya membekali anak perempuan dengan skill yang cukup juga.

Baru-baru ini saya miris mendengar kabar seorang sodara dekat. Sodara tersebut beberapa waktu lalu ditinggal oleh suaminya pergi untuk selamanya.Masalahnya selama ini sang suamilah penopang hidup dalam keluarga tersebut. Dan ketika suami meninggal, masih ada anak yang harus dibiayai sekolahnya.

Kamis, 20 Februari 2020

IMUNOTERAPI, HARAPAN BARU BAGI PENDERITA KANKER


Belum banyak yang tahu, imunoterapi salah satu penemuan baru bagi penderita kanker. Selama ini yang kita tahu, metode pengobatan hanya dengan kemoterapi. Semoga tulisan ini menjadi penyemangat mereka yang menderita penyakit kanker.

Namanya Sri Ratna Maharani. Kami memanggilnya Rani. Saat itu, usianya baru 24 tahun. Belum menikah dan sedang bagus-bagusnya berkarir di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Dia, sepupuku, karena ibu kami sodara kandung. Hubungan kami lumayan dekat. Saat itu aku kuliah di Yogyakarta dan dia kuliah di Bandung. Kadang kalau libur kuliah, daripada pulang ke Kalimantan, aku memilih ke Bandung. Bisa ke rumah tanteku, atau malah menginap di kost sepupuku tersebut.

Selasa, 18 Februari 2020

MENINGGALNYA ASRAF SINCLAIR, JANTUNG DAN RAHASIA KEMATIAN


Hari ini dikejutkan lagi dengan meninggalnya seorang artis Asraf  Sinclair. Kabarnya meninggalnya karena terkena serangan jantung

Serangan jantung. Lagi-lagi kata ini terdengar. Pagi ini misalnya, terdengar lagi berita suami Bunga Citra Lestari (BCL), yang bernama lengkap Ashraf Daniel Mohammed Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun. Hidup ternyata tidak dimulai di usia 40, tapi berakhir di usia 40.

Sabtu, 15 Februari 2020

KETIKA SEMANGAT MENULIS MEMUDAR

Pernah nggak tiba-tiba merasa malas sekali melakukan apapun. Termasuk menulis? Pasti pernah donk ya. Apa dan mengapa ?


Menulis itu buat saya, sudah semacam candu sebenarnya. Hampir setiap waktu, ada saja yang mau ditulis. Bahkan kadang yang nggak terucap pun dengan mudah bisa dituangkan di tulisan hehehe.

Kamis, 13 Februari 2020

CINTA OYO HOTELS, CINTA YOGYAKARTA


Musisi jalanan mulai beraksi, seiring laraku kehilanganmu (Kla project, Yogyakarta)

Yogyakarta,
Kota yang selalu memberi kerinduan yang berbeda. Rasa-rasanya kuliah 4 tahun lebih, tidak cukup untuk merasakan Yogja secara utuh. Sehingga pada akhirnya, membuat ingin kembali dan terus kembali.

Saya, bersama seorang sahabat yang juga mempuyai kenangan tersendiri atas Yogyakarta, akhirnya memutuskan untuk mengunjungi kota ini dalam beberapa malam saja sebenarnya. Jauh-jauh hari, kami memesan tiket kereta api PP, mencari penginapan yang menurut kami pas hingga merencanakan sejumlah perjalanan yang akan kami lakukan selama di Yogyakarta, 3 hari 2 malam. Kami akan backpaker-an.

Senin, 10 Februari 2020

IMPIANKU, HUTAN HINGGA KALANGKALA


“A nation that destroys its soils destroys itself. Forests are the lungs of our land, purifying the air and giving fresh strength to our people.” — Franklin D. Roosevelt

Awal Desember 2019 , kesempatan itu akhirnya datang juga. Jujur, sudah sejak lama, aku mengimpikan perjalanan darat menjelajah Kalimantan, tempat asalku, yang ternyata sudah berpuluh tahun aku tinggalkan. Mungkin terdengar aneh ya, menjelajah Kalimantan. Bukan malah impian ke Eropa  atau ke negara Asia lain seperti temen-temenku posting di media sosial  mereka. 

Senin, 03 Februari 2020

SUDAH MENIKAH? INI PERLUNYA BELI RUMAH SENDIRI

Bagi beberapa orang yang sudah menikah, ikut sama orang tua atau mertua sudah cukup. Benarkah? Kapan mereka harus benar-benar mandiri?

Assalamualaikum,

Sudah menikah beberapa waktu yang lalu? senang dong ya pastinya. Ada pasangan paling nggak ada tempat buat " pulang", ada tempat berbagi suka dan duka. Apa nih langkah selanjutny? punya keturunan? semoga ya dipercepat buat yang belum.

Minggu, 26 Januari 2020

KELAS INSPIRASI : BERKUALITAS PEMUDANYA, MAJU BANUA



Menghadiri kelas inspirasi buat pertama kalinya.  Banyak belajar banget. Salah satunya soal kerja keras. Proses dan kerja keras tak pernah membohongi hasilnya.

Assalamualaikum,

Sabtu lalu, akhirnya jadi juga mengikuti kelas inspirasi yang digagas Forum Wartawan Ekonomi Kalsel. Diluar ekspektasi sebenarnya. Ternyata acara ini sangat menarik. Oh iya, saya sendiri datang ke acara ini bersama empat teman lainnya dari Female Blogger Banjarmasin (FBB).

Pembicara pertama adalah Rizqillah Suhaili. Terus terang saya baru pertama kali bertemu.  Rizqi adalah Bendahara Umum PWNU Kalsel (PWNU selalu mengingatkan kepada alm abah nih jadinya ), yang ternyata juga alumnus SMA 7 (waaah satu almamater ). Namun yang menarik adalah perjalanan karir beliau hingga saat ini.

Jumat, 24 Januari 2020

AMANKAN DANAMU, HATI-HATI INVESTASI BODONG


Investasi pada dasarnya adalah menanamkan modal baik dalam sebuah bisnis ataupun usaha. Pemaham tata cara berinvestasi sangatlah di butuhkan agar berinvestasi dengan benar.

Assalamualaikum,

Alhamdulillah kita bersua kembali. Kali ini saya akan berbagi soal investasi bodong. Apalagi baru-baru ini ada lagi kasus investasi bodong bernama MeMiles berhasil merugikan nasabah hingga Rp 750 miliar.
Sebelumnya kita bahas dahulu soal investasi.  Pernahkan kamu berkecimbung dalam dunia bisnis dan penanaman modal ? jika iya pasti kamu akan bertemu dengan istilah investasi. Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan penanaman modal pasti tidak akan asing dengan yang namanya investasi. 

Kamis, 23 Januari 2020